Avengers: Endgame Buktikan Thanos Bukan Penjahat Terkuat di MCU

Minggu, 10 November 2019 - 18:54 WIB
Avengers: Endgame Buktikan Thanos Bukan Penjahat Terkuat di MCU
Avengers: Endgame Buktikan Thanos Bukan Penjahat Terkuat di MCU
A A A
Sepanjang Marvel Cinematic Universe (MCU) berjalan, Thanos dikenal sebagai penjahat yang paling kuat. Namun, tidak demikian menurut Screen Rant. Dari 23 film MCU yang telah tayang sepanjang 11 tahun terakhir, Thanos bukanlah tokoh penjahat terkuat di franchise ini. Masih ada tokoh lain yang lebih kuat dari Mad Titan. Dia adalah Hela, kakak Thor. Salah satu indikasi mengapa Hela lebih kuat dari Thanos adalah sebuah adegan di Avengers: Endgame.

Perlu dicatat, ketika Thor bertemu Thanos secara langsung di Avengers: Infinity War, dia baru saja selesai dari pertempuran melawan Hela, Dewi Kematian. Hela adalah musuh utama Thor di Thor: Ragnarok dan ancaman terbesar bagi Dewa Petir itu hingga saat itu. Namun, itu nyaris berubah ketika Thanos masuk. Meski begitu, Thor: Ragnarok memberikan pertarungan paling sengit dalam hidup Thor dengan munculnya Hela, anak sulung Odin.

Tantangan Hela terhadap Thor sejauh ini melampaui musuh-musuh sebelumnya, termasuk Loki, Malekith dan Ultron. Hela dengan mudah mengempaskan Thor dan menghancurkan salah satu senjata terkuat di Semesta Marvel, Mjolnir, alias palu Thor. Setelah ditangkap dan dibawa ke Sakaar, hampir di seluruh bagian film itu mengisahkan bagaimana Thor menyatukan tim untuk menghadapi Hela. Bahkan, setelah menyatukan tim pun, Thor tetap tidak bisa mengalahkan Hela. Satu-satunya yang bisa menghentikan wanita kuat itu adalah Surtur, yang setelah dibangkitkan, menghancurkan Asgard dan membunuh Hela.

Seharusnya, Thanos bahkan lebih kuat dari Hela. Dia menghajar Avengers dengan apa pun yang dia miliki di perang akhir Avengers: Endgame dan bagaimana dia mampu mendorong mereka semua hingga ke batasan mereka. Namun, pertempurannya dengan Captain America membuat pernyataan tentang bagaimaan kekuatannya dibandingkan dengan Hela. Thanos menghajar Captain America dengan serangakian serangan yang berulang kali mengenai tameng Captain America.

Meskipun tameng itu dibuat dari vibrarium, pedang mampu memporak porandakannya. Namun, fakta ini akan mengejutkan. Di Thor: Ragnarok, Hela yang tak bersenjata bisa meluluhlantakkan palu Thor hanya dengan memegangnya dengan tangan kosong. Sementara, Thanos membutuhkan upaya yang lumayan keras untuk menghancurkan tameng Captain America. Yang jelas, dua senjata itu dibuat dari material yang terkuat.

Tameng Captain America memang dibuat dari vibrarium. Namun, kekuatannya tidak sebanding dengan logam withuru, yang jauh lebih bersinar dibanding apa pun yang dibuat manusia. Jadi, jika Hela jauh lebih kuat ketimbang Thanos, mengapa butuh hampir semua pahlawan di MCU untuk melumpuhkannya ketika Hela hanya ditantang sedikit karakter berkekuatan super? Itu karena Thor membuat Hela lumpuh dengan memanfaatkan Surtur. Itu artinya, Thor secara teknis tidak pernah mengalahkan Hela. Nyatanya, dia nyaris mengalahkan Thanos di Infinity War.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3949 seconds (0.1#10.140)