Lupa Minum Pil KB? Ini Cara Menyiasatinya!

Kamis, 05 Desember 2019 - 14:07 WIB
Lupa Minum Pil KB? Ini Cara Menyiasatinya!
Lupa Minum Pil KB? Ini Cara Menyiasatinya!
A A A
JAKARTA - Pil kontrasepsi kombinasi (PKK) atau yang biasanya dikenal sebagai pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang cukup efektif mencegah kehamilan.

Pil KB dosis rendah (formulasi yang mengandung etinyl estradiol kurang dari 50 mcg) kerap dipilih sebagai kontrasepsi yang aman dan andal bagi sebagian besar wanita. Untuk wanita sehat dan tidak merokok, pil KB dapat dikonsumsi sampai usia menopause.

Namun, dibutuhkan ketelatenan dalam menggunakan kontrasepsi ini. Pasalnya pil KB harus diminum pada waktu yang sama setiap hari. Sementara, banyak wanita kerap lupa atau melewatkan konsumsi pil KB dan bahkan selama beberapa hari.

Tentu saja hal ini mempengaruhi efektivitas pil KB, yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan kontrasepsi. Artinya, untuk mendapatkan manfaatnya sebagai alat kontrasepsi, Anda tidak boleh melewatkan jadwal minum pil KB.

Lalu, bagaimana jika lupa mengkonsumsinya. Seperti dikutip Alodokter, ada beberapa langkah mengatasi. (Baca juga: Rainbow Village, Goresan Kuas Sang Veteran yang Jadi Favorit Wisatawan ).

1. Jika lupa minum 1-2 pil
Jika lupa minum 1-2 pil, maka Anda harus minum pil yang terlewat begitu Anda ingat dan melanjutkan minum 1 pil lagi di waktu minum obat yang berikutnya. Pada kondisi seperti ini, Anda mungkin akan minum 2 pil pada hari yang sama.

Anda tidak perlu menggunakan kontrasepsi tambahan untuk mencegah kehamilan jika hanya 1-2 pil yang terlewat, sebab efek pil KB dalam menekan ovulasi atau pelepasan sel telur dari indung telur masih bekerja.

2. Jika lupa minum 3 pil atau lebih
Jika Anda lupa minum pil KB sebanyak 3 pil atau lebih secara berturut-turut, pil yang tersisa harus diminum seperti biasa sesuai jadwal dan abaikan saja jadwal yang terlewatkan. Namun untuk mencegah kehamilan, Anda perlu menggunakan metode kontrasepsi tambahan, seperti kondom, sampai sisa pil KB habis.

Risiko terjadinya ovulasi akan lebih besar jika Anda melewatkan 3 pil KB atau lebih, terutama pada minggu pertama penggunaan pil. Dengan begitu, peluang untuk hamil juga akan meningkat.

Pada intinya, pil KB harus diminum secara rutin dan teratur pada jam yang sama setiap harinya. Anda bisa memasang pengingat di handphone agar tidak lupa mengkonsumsinya atau mengaitkan jadwal minum pil KB dengan aktivitas yang rutin Anda lakukan setiap hari di jam yang sama, misalnya sebelum tidur atau setelah bangun tidur.

Jika Anda lupa minum pil KB, sebaiknya gunakan metode kontrasepsi tambahan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami masalah dalam penggunaan pil kontrasepsi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6792 seconds (0.1#10.140)