Mau Wisata Kuliner Saat Liburan? Perhatikan 5 Tips Berikut Ini!

Kamis, 19 Desember 2019 - 21:30 WIB
Mau Wisata Kuliner Saat Liburan? Perhatikan 5 Tips Berikut Ini!
Mau Wisata Kuliner Saat Liburan? Perhatikan 5 Tips Berikut Ini!
A A A
JAKARTA - Indonesia terkenal dengan kulinernya yang beragam dan nikmat di lidah. Ragam kuliner ini pun dapat ditemui disetiap daerah di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Kesempatan mencicipi aneka makanan khas daerah pun bakal menjadi aktivitas menarik yang bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Namun agar tidak menyesal, ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat wisata kuliner. Berikut lima tips wisata kuliner yang harus diperhatikan seperti dikutip dari Travelingyuk.

1. Buat list kuliner yang akan dicicipi
Pertama-tama buat daftar lengkap mengenai kuliner yang akan dicicipi. Jika perlu, sebelum berangkat liburan Anda bisa luangkan sedikit waktu untuk mencari beberapa referensi tempat. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, jajanan atau makanan apa saja yang patut dicoba.

Carilah keterangan lengkap mengenai jenis makanan, tempat terbaik, hingga harganya. Sebagai tambahan, Anda juga bisa bertanya pada teman maupun kerabat dari daerah yang akan dituju. Jangan melewatkan kesempatan cicipi sajian khas atau legendaris.

2. Cari yang berbeda atau tidak ada di kota asal

Berikutnya adalah cari jenis makanan yang berbeda atau tidak ada di kota asal Anda. Beranikan diri mencoba makanan baru. Meski terkadang nama, bahan baku, atau cara pengolahannya nampak aneh, jangan takut mencicipi. Tak ada salahnya melakukan sedikit petualangan rasa. Sebab mungkin Anda takkan berkesempatan mencicipi sajian tersebut di masa mendatang.

3. Jangan tergoda dengan tampilan menarik
Tips berikutnya, jangan mudah tergoda dengan tampilan menarik. Banyak makanan sengaja dibuat sedemikian rupa untuk menarik perhatian pembeli. Padahal bisa saja sajian tersebut mengandung bahan-bahan berbahaya. Ingat, tampilan menarik dan aroma menggoda belum tentu bisa memenuhi ekspektasi rasa.

4. Pilih tempat ramai

Banyak orang percaya, enak tidaknya menu makanan bisa dilihat dari jumlah pembeli. Jika banyak pelanggan sampai rela mengantre, bisa jadi kedai atau resto tersebut memang sajikan makanan enak. Hal ini juga berlaku untuk warung-warung maupun kedai sederhana.

Bicara soal lokasi, banyak kuliner lezat ditemukan di tempat-tempat tidak terduga. Anda mungkin pernah menjumpai warung legendaris yang berada di pelosok gang sempit, namun ramai pembeli. Hal ini menandakan bahwa mereka memang tawarkan makanan lezat dan harga bersahabat.

5. Jangan ragu tanyakan harga
Tips terakhir adalah jangan ragu menanyakan harga, apalagi jika berada di daerah yang kurang kalian kenal. Meski sebuah warung atau resto tampak sederhana, belum tentu harga yang ditawarkan ramah kantong. Jangan ragu bertanya jika tak menyesal belakangan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari pedagang yang mematok harga berkali-kali lipat.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5593 seconds (0.1#10.140)