Liburan Penghujung Tahun, Pantai Masih Jadi Favorit Traveler

Sabtu, 21 Desember 2019 - 07:45 WIB
Liburan Penghujung Tahun, Pantai Masih Jadi Favorit Traveler
Liburan Penghujung Tahun, Pantai Masih Jadi Favorit Traveler
A A A
MENDEKATI penghujung tahun adalah momen tepat untuk merencanakan liburan bersama keluarga. Menghabiskan jatah cuti, liburan anak sekolah, dan bersamaan dengan libur perayaan keagamaan, membuat masyarakat memilih akhir tahun sebagai waktu untuk liburan.

Memilih destinasi wisata selalu menjadi perbincangan paling menyenangkan. Hal ini untuk mengetahui tempat wisata apa yang tengah tren. Berlibur ke negara orang atau menghabiskan waktu di Tanah Air dengan berwisata di Jakarta dan juga berbelanja bisa menjadi alternatif untuk beberapa orang yang belum memiliki tujuan khusus untuk berlibur.

Jika melihat pola kehidupan kaum urban saat ini, destinasi wisata yang menawarkan sejumlah atraksi dan tempat belanja murah nan menggiurkan, sudah pasti wisata luar negeri menjadi pilihan tempat wisata pertama.

Hal ini pun dipertegas oleh Travel Influencer Cia Wardana. Menurutnya, pola kebiasaan masyarakat saat ini, gaya hidup, serta pendapatan mereka sangat memengaruhi perencanaan libur akhir tahun mereka. Pemilihan destinasi sebagian besar sangat dipengaruhi dari media sosial.

"Dengan semakin kuatnya pengaruh media sosial maka semakin kuat pula dorongan para wisatawan untuk datang dan menikmati tempat tersebut," jelasnya saat dihubungi KORAN SINDO.

Cia pun menambahkan, untuk liburan akhir tahun ini wisatawan lebih mengarah pada negara-negara yang menawarkan pertunjukannya sendiri, seperti London, Inggris; Sydney, Australia; dan Dubai, Uni Emirat Arab.

"Dari mulai libur Lebaran 2019 saja sudah terlihat kalau wisata ke negara lain persentasenya lebih tinggi. Sedangkan Jepang dan Korea termasuk dalam lima besar destinasi paling popular pilihan traveler," ujar Cia.

Tak hanya di luar negeri, tempat liburan yang berada di Tanah Air juga semakin diminati para wisatawan. Salah satu destinasi yang memiliki daya tarik tinggi adalah Bali, Yogyakarta, Malang, dan Labuan Bajo.

"Beberapa daerah di Indonesia tampaknya tengah naik daun pada musim liburan tahun ini. Seperti Labuan Bajo yang kini menjadi pelesiran paling primadona di kalangan traveler," jelasnya.

Salah satu keluarga muda yang memiliki rencana menghabiskan waktu akhir tahunnya di negara orang adalah keluarga Baldy dan Nola B3 beserta ketiga anaknya Naura, Neona, dan Bevan.

Keluarga yang kerap disapa dengan The Baldys tersebut dikenal kompak saat tengah liburan bersama anggota keluarga atau family trip ke sejumlah tempat baik di dalam maupun luar negeri.

Menurut sang istri yang memiliki nama asli Riafinola Ifana Sari ini, agenda liburan selalu menjadi hal yang ‎diprioritaskan. Aktivitas ini bukan sengaja dibuat karena mengikuti tren yang ada, melainkan mencari sisi edukatif juga untuk anak-anak.

"Liburan itu bisa menjadi wadah ‎edukatif untuk anak-anak, asalkan dilakukan dengan benar. Seperti dalam hal memilih lokasi yang mempunyai nilai sejarah tinggi, atau yang berhubungan dengan alam," jelas wanita kelahiran 11 Agustus 1978.

Nilai edukasi dalam sebuah perjalanan liburan, harus benar-benar diperhitungkan sedari awal sebelum memilih lokasi yang ingin dituju. Menurut Nola, menentukan tujuan berlibur memang susah, terlebih lagi dengan tiga orang anak yang mempunyai pendapat berbeda.

"Karena aku memiliki tiga orang anak yang pastinya berbeda keinginan, sebelum menentukan tempat wisata, kita lakukan pengundian. Destinasi apa pun yang keluar harus disepakati, kami paling suka mengunjungi tempat yang memiliki kebudayaan aslinya masih kental baik itu di dalam negeri mau pun luar negeri," jelas Nola.

Berlibur dengan jumlah anggota banyak memiliki tantangan yang beragam. Hal ini juga dirasakan oleh Nola. Dia pun selalu menyiasatinya dengan membuat daftar tempat yang ingin dituju setelah tiba nanti.

"Karena kita liburan bersama dan masing-masing dari anggota keluarga memiliki keinginannya sendiri. Jadi sangat penting disusun dengan matang rencana perjalanan," ungkapnya.

Tak hanya itu, kerja sama antara anggota keluarga untuk meneliti kondisi lokasi tujuan sehingga dapat mempersiapkan perlengkapan dengan matang.

"Karena aku salah satu yang enggak terlalu suka pakai tour and travel. Jadi belajar nentuin destinasi, terus cari tahu kondisi di sana, apa aja yang harus dibawa," kata Nola.

Tak hanya Nola dan keluarga yang selalu memiliki jadwal liburan bersama keluarga. Penyanyi yang memiliki nama lengkap Agustinus Gusti Nugroho atau yang akrab disapa Nugie juga memiliki agenda tersendiri saat liburan akhir tahun. Artis kelahiran 31 Agustus 1971 ini lebih memilih menghabiskan waktu liburnya dengan pergi ke pantai.

Salah satu tempat yang ingin dikunjungi adalah Raja Ampat Papua. Destinasi wisata yang menawarkan keindahan bawah lautnya ini selalu memiliki pesona tersendiri bagi para pencinta traveling.

"Aku memang suka pantai, setiap berlibur pasti selalu memilih pantai sebagai tempat melepas penat. Aku ingin diving di sana, kalau hanya sekali diving rasnya tidak puas," ungkap Nugie.

Alasan utama dirinya lebih memilih wisata lokal, karena, Nugie ingin bisa leih dekat dengan alam Indonesia. "Buat apa kita mencari keindahan alam di negara lain, padahal di Indonesia sendiri banyak tempat wisata yang bagus," jelasnya.

Saking terpesonanya degan keindahan pantai yang ada di Indonesia, dia selalu mengunjungi pantai hingga beberapa kali dalam setahun. Bahkan, dirinya sudah membuat daftar pantai mana saja yang akan dikunjungi tahun ini.

"Nanti setelah dari Raja Ampat rencananya Aku mau ke Florest, di sana memang pulau kecil tapi pantainya indah banget. Aku mau lebih explore pantai di Sulawesi dan Sumba, keindahan alam Indonesia beneran keren banget," tutur Nugie. (Aprilia S Andyna)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9325 seconds (0.1#10.140)