10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak

Sabtu, 28 Desember 2019 - 06:24 WIB
10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak
10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak
A A A
ADA seribu satu cara anak berekspresikan rasa amarahnya. Mulai dari menangis, berguling-guling, atau bahkan membanting barang di dekatnya. Orang tua seyogianya memiliki trik khusus dalam mengatasi hal ini. Berikut cara redakan amarah pada anak versi survei Litbang KORAN SINDO.

1. Ajak anak bicara secara perlahan

10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak


Jika anak sudah bisa diajak bicara, cara ini bisa dilakukan untuk meredakan amarahnya. Ketika anak mulai terlihat marah, tanyakan perlahan apa yang membuatnya marah. Kenapa anak merasa tidak suka atau terganggu. Jika sudah mengetahui alasannya, orang tuanya bisa memberitahukan mana hal yang baik dan yang tidak baik

2. Ajak anak bermain

10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak


Pada saat anak sedang marah, cobalah cara ini untuk mengalihkan anak dari rasa amarahnya. Mengajak anak bermain dapat membantu mengalihkan fokus anak. Salah satu mainan yang cukup efektif untuk menghilangkan emosi anak adalah mainan tiup. Mainan dengan cara ditiup ini bisa membuat oksigen masuk ke otak sehingga emosi anak lebih stabil.

3. Memeluk anak

10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak


Saat anak sedang marah, tindakan yang perlu dilakukan adalah menunjukkan perhatian pada anak. Sehingga anak bisa merasa lebih dihargai dan diperdulikan. Salah satu bentuk perhatian pada anak bisa dengan merangkulnya. Hal ini bisa membuat emosi anak menjadi lebih stabil.

4. Memberi contoh bagaimana cara menghadapi kemarahan lewat dongeng

10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak


Sebelum memberikan contoh bagaimana cara menghadapi kemarahan pada anak, tentunya tunggu hingga emosi anak mereda terlebih dahulu. Memberi contoh ini bisa dilakukan lewat dongeng yang menarik. Cara ini akan selalu diingat oleh anak hingga dewasa nanti dan kemudian membentuk pribadi anak saat dewasa.
5. Mengendalikan cara berbicara

10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak


Bagaimana cara orang tua berbicara ketika meredakan amarah anak juga memiliki andil cukup besar. Jika orang tua berbicara dengan nada tinggi dan menghardik, tentu anak akan kaget dan jadi lebih marah. Gunakanlah nada rendah dan halus untuk menenangkan anak. Jika anak masih tidak mau mendengarkan, cobalah berbicara sedikit tegas, namun tidak dengan nada tinggi.

6. Tunjukkan kepedulian pada anak
10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak
Saat anak mengekspresikan kemarahannya, tunjukkanlah bahwa Anda peduli dengan apa yang dia rasakan. Hal ini bisa dilakukan untuk menenangkan anak dari rasa marah dan membuatnya tenang kembali.
7. Memberi makanan yang disukai

10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak


Memberikan pengalihan pada makanan yang disukai anak juga bisa menjadi salah satu solusi meredakan amarah anak. Kue, makanan ringan, cokelat atau permen bisa diberikan untuk membuat amarah anak mereda. Memberikan sesuatu yang bisa dikunyah oleh anak, membuat anak fokus untuk mengunyah makanan daripada rasa amarahnya.

8. Mendiamkan sampai tenang

10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak


Sebagai orang tua atau yang mengasuh anak-anak, jangan pernah lakukan tindakan memukul pada anak. Dalam situasi apapun, termasuk ketika anak mengekspresikan kemarahannya. Sebelum meredakan amarah anak, tenangkan terlebih dahulu pikiran dan hati. Kadang mendiamkan sampai anak tenang dengan sendirinya bisa menjadi satu solusi.

9. Puji perilaku baik anak

10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak


Ketika anak sedang marah, tenangkan anak dengan memuji perilaku baik anak. Hal ini juga mengajarkan anak mana hal yang baik dan tidak baik untuk dilakukan. Jika amarah anak tersalurkan dengan tidak baik, bisa dikatakan bahwa apa yang dilakukannya tidak dilakukan oleh anak baik sepertinya.

10. Bermain Air

10 Trik Jitu Redakan Amarah Anak


Mengalihkan amarah anak dengan mengajaknya bermain air juga bisa membuat anak lupa dengan rasa marahnya. Buatlah kegiatan bermain ini jadi menyenangkan. Lengkapi kegiatan mandi dengan beragam mainan yang bisa dimainkan dalam air. Hal ini bisa membuat fokus anak teralihkan dan lupa dengan marahnya.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5482 seconds (0.1#10.140)