Tas Unik di Tahun Tikus

Minggu, 29 Desember 2019 - 13:59 WIB
Tas Unik di Tahun Tikus
Tas Unik di Tahun Tikus
A A A
JAKARTA - Tahun 2020 menjadi tahun Tikus menurut penanggalan China. Hal inilah yang menginspirasi label fashion asal Prancis, Longchamp, berkolaborasi dengan Mr Bags. Kolaborasi mereka melahirkan koleksi kapsul berupa tas dengan desain yang terinspirasi dari tikus dan keju. Tak hanya untuk pribadi, koleksi ini juga cocok dijadikan kado tahun baru karena memiliki konsep nan unik.

Saat tahun Tikus mendekat, label-label fashion mewah asal Barat telah meningkatkan penawaran bertema shio untuk bersaing memperebutkan pangsa pasar konsumen China yang luas. Longchamp menjadi salah satu label pertama yang merayakan tahun baru Imlek, berkolaborasi dengan fashion influencer sekaligus blogger populer, Mr. Bags.

Mr. Bags mengatakan, tahun 2020 merupakan tahun Tikus yang menurut ilmu fengshui adalah tahun penuh keberuntungan. Menurut mitologi China, Tikus adalah hewan yang melambangkan kepribadian cerdas, memesona, serta aktif dalam kegiatan sosial. Tikus adalah lambang kemakmuran dan keberuantungan.

Mr. Bags yang memiliki nama asli Tao Liang adalah seorang blogger dan fashion influencer yang sangat berpengaruh di Tiongkok dan ahli di bidang tas berkelas. Mahasiswa pascasarjana Universitas Columbia itu dikenal karena jutaan pengikut setia yang kaya dan memiliki daya beli nan kuat. Mr. Bags hanya fokus pada kategori tas. Dia meninjau hampir semua koleksi tas merek mewah, dari klasik hingga terbaru, di blog WeChat.

Menurut Mr. Bags, pengikut yang banyak dan loyal berfungsi sebagai kelompok fokus yang penting. Hal itu dikarenakan para pengikut dianggap mewakili suara kolektif untuk tas khusus di Tiongkok. “Mengoleksi tas sangat menguntungkan karena harga serta siklus hidup tas umumnya lebih tinggi dan lebih lama daripada pakaian ready to wear,” ujar Mr. Bags seperti yang dilansir dari laman Wwd.com.

Laki-laki 27 tahun itu memelopori model bisnis kolaborasi khusus. Dia bahkan telah melakukan 11 kolaborasi dengan label fashion mewah seperti Longchamp, Tod’s, Chloe, Givenchy, Dunhill, dan Burberry. Koleksi kolaborasi ini terjual habis hanya dalam hitungan menit.

Kolaborasi antara Longchamp X Mr. Bags memasuki tahun yang ketiga. Koleksi kali ini telah diluncurkan di toko-toko di seluruh dunia pada 20 Desember 2019. Sebelumnya, keduanya melakukan kolaborasi untuk menyambut tahun baru China pada awal 2019.

Koleksi tersebut terinspirasi dari konsep Chihuo, yang berarti seorang pecinta makanan dalam bahasa Tiongkok. Kolaborasi ini ditampilkan dengan tanda zodiak China tahun 2020, yakni tikus. Mr. Bags menginterpretasikan ulang hal ini untuk merayakan semangat seorang gourmet dan penghargaan untuk musim perayaan di mana makanan lezat berlimpah.

“Dari inspirasi ini, saya bekerja pada gagasan tikus makan keju,” ujar Mr. Bags dalam rilis yang diterima SINDOMedia.

Untuk menyambut tahun Tikus yang akan datang, Mr. Bags membuat ilustrasi keju dan tikus pada koleksi kapsul Longchamp di tas Le Pliage. Tas ikonik ini didominasi warna hitam dan kuning. “Koleksi ini difokuskan pada konsep yang sangat menyenangkan dan bersemangat,” ujar Mr. Bags.

Secara keseluruhan koleksi ini meliputi tujuh tas tangan dengan berbagai ukuran dan satu t-shirt. Terdapat tas Le Pliage supermini. Ada pula tas klasik Longchamp yang bentuknya menyerupai tikus kecil, karena ritsleting panjang berfungsi seperti ekor. Terdapat juga tas dengan motif keju yang tersembunyi. "Detail ini tidak terlalu mencolok, kecuali jika Anda benar-benar menggunakan tas. Jadi itu adalah rahasia tersembunyi hanya untuk pemilik tas,” ujar Mr. Bags.

Untuk kado tahun baru, tas berdesain unik dengan bagian tutup tas terlihat seperti ada bekas gigitan menjadi pilihan yang tepat. Ini merupakan ilustrasi bekas gigitan tikus. “Desain ini dimaksudkan untuk memberi kesan sangat canggih, namun mengandung sedikit humor,” kata Mr. Bags.

Ada pula tas berbahan kulit yang dilengkapi gambar gigi pada flap kulit, seolah-olah tas ini telah dikunyah sedikit.

Tak hanya tas ikonik, koleksi Longchamp X Mr. Bags juga hadir dalam bentuk t-shirt dengan gambar ilustrasi tikus dan keju yang menggemaskan. Untuk kolaborasi ini, Longchamp membuat beberapa kampanye dalam foto dan video kartun. Kampanye tersebut melibatkan ilustrasi tikus serta Mr. Bags yang berwujud kartun dalam permainan warna kuning, hitam, serta biru muda.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3330 seconds (0.1#10.140)