Ulang Tahun Ke-13, RAN Gelar Showcase untuk Para Fans

Minggu, 29 Desember 2019 - 17:46 WIB
Ulang Tahun Ke-13, RAN Gelar Showcase untuk Para Fans
Ulang Tahun Ke-13, RAN Gelar Showcase untuk Para Fans
A A A
JAKARTA - Grup musik RAN mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Ranners (sebutan untuk fans RAN) serta semua pihak yang sudah berperan dalam karier mereka melalui konser showcase bertajuk Hanya Untukmu. Konser yang sekaligus menandakan 13 tahun usia RAN itu berlangsung di M Bloc Space, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Dalam konser tersebut, RAN hanya menyuguhkan 11 lagu dari album perdana mereka sekaligus menceritakan awal perjalanan karier RAN secara jujur dan mengupas satu per satu arti serta makna lagu dalam album yang mengantarkan grup musik ini ke industri musik Tanah Air.

Konser dibuka dengan narasi kisah perjalanan debut RAN yang dibacakan oleh sang vokalis, Nino. Narasi itu diikuti dengan apresiasi bagi keluarga, sahabat, dan Ranners yang telah mendukung karier bermusik trio musisi ini sejak hari pertama. "Selain itu, kami juga berterima kasih untuk masing-masing personel, Rayi, Asta, dan Nino, karena tidak menyerah untuk terus bermusik," ucap Nino lewat video yang kemudian disusul kehadiran satu per satu band pengiring serta personel RAN.

Teriakan histeris penonton menyambut Rayi, Asta, dan Nino yang tanpa banyak basa-basi langsung mengajak Ranners untuk menikmati malam dengan dua lagu pembuka, termasuk Warna Warni Dunia yang sukses mengajak penonton bergoyang bersama. Di sela-sela penampilan, Rayi cs membagi cerita mengenai asal mula grup ini dibentuk. Ia juga berkisah tentang lagu pertama dan perjuangan para personel RAN hingga bisa menjadi salah satu grup band yang paling digemari di Indonesia.

Banyak kisah yang Ranners belum ketahui terkait awal perjalanan karier RAN yang dikemas ringan, santai, dan dibumbui humor. Rupanya pada 2006, trio ini pernah mengikuti sebuah kompetisi band yang didaftarkan oleh salah satu teman mereka semasa duduk di bangku SMA karena sering menciptakan lagu. Melalui kompetisi itu, RAN menjadi juara kedua sebagai band SMA terbaik di Jakarta melalui lagu mereka Pandangan Pertama. Lewat lagu tersebut, RAN mencoba masuk ke dunia musik Tanah Air.

Ketika dikenalkan pada petinggi label musik kala itu, RAN diwajibkan untuk membuat 20 lagu dalam tiga bulan. "Disuruh bikin 20 lagu dalam waktu tiga bulan. Kami ngebut banget dan berhasil menciptakan 15 lagu, kemudian disortir jadi 11 (lagu) untuk masuk ke dalam album RAN for Your Life," papar Nino.

Suasana berubah jadi sunyi setelah hanya menyisakan Nino sendiri di atas panggung seraya menceritakan pengalaman serta kisah pilu di balik Lagu untuk Riri, di mana lagu tersebut didedikasikan untuk sahabatnya bernama Riri yang memberikan motivasi untuk berkarya dan akhirnya mempertemukan Nino dengan Asta dan Rayi.

RAN menutup showcase Hanya Untukmu dengan tiga lagu pertama yang mereka ciptakan yakni Hanya Untukmu, Nothing Last Forever, dan Pandangan Pertama. Penonton pun ikut bergoyang dan bernyanyi bersama idola mereka yang berada di panggung.

"Kalau nggak ada lagu ini, mungkin kami juga nggak akan ada dan nggak bisa (berkarier) sejauh ini. Buat Ranners, terima kasih sudah mau berlari bersama kami," tutup Rayi, Asta, dan Nino.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5385 seconds (0.1#10.140)