Review Film Bombshell

Rabu, 01 Januari 2020 - 01:30 WIB
Review Film Bombshell
Review Film Bombshell
A A A
Kasus pelecehan seksual yang dilakukan chairman dan CEO Fox News, Robert Ailes, pernah menjadi skandal besar di Amerika Serikat (AS). Skandal ini membuat Robert harus mundur dari jabatannya. Skandal ini mulai mencuat pada 2016 ketika salah satu anchor Fox News, Gretchen Carlson, melaporkan Robert atas dugaan pelecehan seksual.

Film Bombshell diangkat dari skandal pelecehan seksual di Fox News ini. Film ini menampilkan sederet karakter nyata yang mengalami pelecehan seksual ini plus karakter lain yang mungkin tidak ada. Film yang disutradarai Jay Roach ini dibintangi sederet aktor dan aktris dengan bakat akting luar biasa seperti Nicole Kidman, Charlize Theron, Margot Robbie dan John Lithgow.

Megyn Kelly yang diperankan Charlize Theron berperan sebagai narator di awal film. Megyn menceritakan apa saja yang ada di gedung redaksi Fox News, dari lantai-lantainya sekaligus bagian-bagiannya. Di Fox News, Megyn adalah anchor sekaligus jurnalis yang menjadi role model anchor lain. Dia disegani, dihormati dan disanjung para wanita di tempat tersebut.

Di sisi lain, ada Gretchen Carlson (Nicole Kidman). Dulunya dia adalah salah satu anchor andalan di Fox News. Namun, dia kemudian dilempar ke program yang sepi pemirsa setelah berselisih paham dengan Robert (John Lithgow). Gretchen kemudian bertekad untuk bertindak. Dia tidak mau melihat para wanita di perusahaan itu menjadi korban pelecehan seksual Robert. Dia menghubungi pengacaranya dan berniat untuk mengajukan tuntutan.

Di Fox, ada seorang jurnalis muda, Kayla Pospisil (Margot Robbie). Dia sangat mengidolakan Megyn dan ingin seperti dia. Kayla pun menemukan jalan dengan menemui Robert secara langsung. Robert kemudian menjanjikan akan membuat Kayla terkenal jika dia bisa membuktikan loyalitasnya kepada Fox. Robert kemudian melakukan pelecehan seksual terhadap Kayla. Namun, Kayla tak berdaya menolaknya.

Gugatan Gretchen membuat Robert dan Fox News kalang kabut. Para karyawannya mulai membuat gerakan untuk mendukung Robert. Sementara, Gretchen sangat berharap para wanita yang menjadi korban Robert maju dan memberikan kesaksian. Namun, upaya itu agak sulit karena wanita yang dihormati di tempat itu, Megyn, terlihat tidak peduli dengan gugatan itu. Meskipun, sebenarnya, Megyn pun sempat mendapatkan perlakuan tidak senonoh dari Robert. Pertarungan batin pun melanda Megyn.

Gugatan Gretchen ini ternyata didengar Rupert Murdoch, pemilik Fox. Dia mengutus dua anaknya, Lachlan dan James, untuk ikut menginvestigasi gugatan dan tuduhan tersebut. Namun, Lachlan dan James punya agenda lain. Mereka sudah lama ingin menyingkirkan Robert dan gugatan itu adalah salah satu jalan bagi mereka untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Film Bombshell tidak hanya menampilkan kasus pelecehan seksual di Fox News. Film ini juga dibumbui politik berupa konvensi Partai Republik yang kemudian menominasikan Donald Trump sebagai calon presiden untuk pemilu 2016. Perseteruan antara Megyn dan Trump juga ditampilkan di film ini.

Meski memiliki cerita yang solid, tapi film ini sedikit melenceng dari fokus. Film ini justru lebih memfokuskan pada sosok Megyn, bukan pada sosok Gretchen yang memulai gugatan dan tuduhan pelecehan seksual tersebut. Bombshell menampilkan lebih banyak sisi kehidupan Megyn dan perseteruannya dengan Trump. Sangat sedikit diceritakan tentang Gretchen dan seperti apa pelecehan seksual yang dia terima dari Robert.

Namun, film ini bisa dinikmati. Akting Charlize dan Lithgow sangat bagus. Mereka mampu menampilkan karakter Megyn dan Robert secara bagus. Charlize bahkan benar-benar mirip Megyn di dunia nyata. Sedangkan Lithgow mampu memperlihatkan seperti apa sosok Robert yang licik, arogan dan gila kuasa dengan baik.

Bombshell punya materi cerita yang baik dan didukung oleh akting-akting yang mumpuni dari para cast-nya. Inilah yang membuat drama dari kisah nyata ini enak untuk ditonton.

Di film ini, penonton juga diajak untuk memahami dan mengerti seperti apa redaksi sebuah stasiun televisi sebesar Fox News. Selain itu, emosi pun akan ikut dipermainkan dengan sikap Robert yang benar-benar tidak menghargai wanita. Baginya, wanita seolah hanya objek yang harus bisa memuaskannya. Jika tidak, bersiap-siaplah tersingkir. Di sisi lain, ada sosok Megyn yang terlihat kuat, tapi pernah memendam masa lalu yang kelam.

Bombshell sudah bisa disaksikan di bioskop kesayangan Anda. Film ini berating 17 tahun ke atas. Bijaklah memilih tontonan untuk keluarga Anda. Selamat menyaksikan!
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3280 seconds (0.1#10.140)