Perjalanan Panjang Ria Irawan Melawan Kanker

Senin, 06 Januari 2020 - 09:49 WIB
Perjalanan Panjang Ria Irawan Melawan Kanker
Perjalanan Panjang Ria Irawan Melawan Kanker
A A A
JAKARTA - Ria Irawan meninggal dunia di RSCM pada Senin (6/1/2020), pukul 04.40 WIB, setelah berjuang melawan penyakit kanker yang diidapnya sejak 2014.

Sejak menderita penyakit mematikan itu, Ria kerap memperlihatkan aktivitasnya dan berbagi informasi tentang kanker. Namun, awalnya, pada 2009, artis senior ini mengungkapkan dirinya mengidap miom. Hal ini yang membuat tubuhnya menjadi lebih gemuk dan berhenti menstruasi.

Tak sampai di sana, Ria kemudian didiagnosis mengidap kanker endometrioum atau kanker dinding rahim. Akibat penyakit ini, wanita yang memulai kariernya lewat film Sopir Taxi ini harus mengangkat rahimnya.

Akibat penyakitnya tersebut, pemilik nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan ini rutin melakukan pemeriksaan dan menjalani pola hidup sehat. Namun, selang beberapa waktu, dia dinyatakan kembali mengidap kanker.

Tepat 2014, Ria mengaku didiagnonis mengidap kanker kelenjar getah bening stadium 3 dan mengharuskan dirinya menjalani sejumlah pengobatan, termasuk kemoterapi.

Pada 2017, istri Mayky Wongkar ini kembali dinyatakan bersih dari kanker. Sayang, pada pertengah 2019, kondisi Ria Irawan justru menurun. Dia pun harus kembali menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Berdasarkan hasil pemeriksaan MRI, sel kanker yang diidap Ria sudah menyebar hingga kepala dan paru-paru. Kanker yang menyebar, membuat kondisinya semakin menurun. Saat itu, Mayky mengungkapkan bahwa tumor di kepala menekan saraf otak istrinya sehingga mengakibatkan perempuan yang dicintainya itu mengalami kesulitan bicara dan kehilangan keseimbangan. Bahkan, sebelum meninggal, Ria kembali menjalani perawatan intensif di RSCM.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3958 seconds (0.1#10.140)