Menopause Bikin Kulit Berubah, Ini Tanda-tandanya!

Sabtu, 11 Januari 2020 - 13:34 WIB
Menopause Bikin Kulit Berubah, Ini Tanda-tandanya!
Menopause Bikin Kulit Berubah, Ini Tanda-tandanya!
A A A
JAKARTA - Menopause adalah proses biologis alami, asalkan terjadi pada usia normal, biasanya mulai usia 44 tahun. Semuanya dimulai dengan periode tidak teratur, yang akhirnya berhenti ketika ovarium berhenti memproduksi hormon. Ini juga disertai dengan hilangnya libido dan ketidakseimbangan hormon yang juga mempengaruhi kulit.

Selama ini, tubuh menuntut perawatan yang baik. Saat berhenti membuat kolagen, lemak di bawah kulit turun, membuatnya tampak kering. Perubahan hormon dapat menyebabkan kendur, terutama di sekitar leher, garis rahang dan pipi, serta menghasilkan garis-garis halus dan kerutan secara tiba-tiba.

Seperti dilansir The Indian Express, ada beberapa hal yang terjadi pada kulit Anda selama menopause.

1. Penipisan rambut dan kulit
Penipisan rambut dan kulit adalah dua efek samping yang umum ketika kadar estrogen turun. Ini berarti kulit Anda menjadi tipis dan rentan terhadap robekan dan memar. Ini juga mempercepat penuaan karena tekstur kulit menjadi lebih ringan.

2. Penuaan
Penuaan adalah proses yang tak terhindarkan, tetapi menopause mempercepatnya seiring dengan turunnya tingkat estrogen dan kolagen. Penuaan memicu hilangnya lemak sehat di kulit yang mulai melorot dan membentuk kerutan. Bersamaan dengan itu, Anda mungkin juga memperhatikan penampilan garis-garis halus.

3. Estrogen
Estrogen berdampak pada produksi kolagen di kulit, membuatnya terlihat kusam dan tidak rata. Terkadang, ini juga dapat menyebabkan pigmentasi dan menyebabkan warna kulit tidak merata. Inilah saatnya kulit membutuhkan lebih banyak nutrisi.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses perubahan kulit? Pembersihan dan pelembap adalah dua tips perawatan kulit utama yang telah didengar sejak lama dan ya, dua hal itu memang membantu kulit, bahkan selama menopause.

Untuk memerangi tekstur kulit kering dan kusam, Anda harus meningkatkan asupan air dalam rutinitas harian. Saat kelenjar minyak menjadi tidak aktif, kulit kehilangan kelembapan dan kilau. Air membantu meningkatkan hidrasi.

Sekali lagi, tips perawatan kulit dasar - SPF. Anda masih bisa melakukan keajaiban pada kulit Anda dengan botol pelindung matahari yang terabaikan itu. Cari krim wajah yang didedikasikan untuk mengencangkan kulit dan keriput. Produk pencerah kulit bisa membantu menghilangkan bintik-bintik. Toner juga dapat membantu meratakan warna kulit.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4364 seconds (0.1#10.140)