Gangguan Pencernaan dan Metabolisme Tuntas dengan Gerakan Yoga Ini

Selasa, 04 Februari 2020 - 11:30 WIB
Gangguan Pencernaan dan Metabolisme Tuntas dengan Gerakan Yoga Ini
Gangguan Pencernaan dan Metabolisme Tuntas dengan Gerakan Yoga Ini
A A A
JAKARTA - Mobilitas manusia yang tinggi membuat segala hal kian dipermudah, termasuk dalam urusan makanan. Beragam metode penyediaan makanan cepat diterapkan, namun nilai gizi di dalam menu harian kadang dikesampingkan. Akibatnya keasaman, gangguan pencernaan, dan beberapa masalah terkait perut sering terjadi.

Kondisi tersebut sering disebabkan oleh makanan yang terlalu berminyak, asin, pedas, atau bahkan manis. Kebiasaan makan yang tidak teratur, kurang olahraga, serta pola tidur yang tidak menentu juga dapat menyebabkan masalah lambung.

Yoga dipercaya mampu menyembuhkan masalah pencernaan secara alami dengan memperkuat sistem pencernaan dan meningkatkan fungsi metabolisme. Ada pose yoga yang khusus membantu menyembuhkan kondisi keasaman dan gas pada perut.

Yoga ini dapat dilakukan secara sederhana dan teratur di rumah. Berikut gerakan yoga serta manfaatnya untuk pencernaan seperti dilansir dari laman Times Now News.

1. Vajrasana
Gangguan Pencernaan dan Metabolisme Tuntas dengan Gerakan Yoga Ini

Ini adalah satu-satunya gerakan yang bisa dilakukan dengan perut kenyang. Bahkan harus dilakukan segera setelah makan. Mulailah berdiri tegak dengan tangan di sisi tubuh Anda. Condongkan tubuh ke depan dan perlahan-lahan letakkan lutut di atas tikar. Tempatkan panggul di tumit lalu arahkan jari Anda ke luar.

Di sini, paha harus menekan otot betis. Dekatkan tumit satu sama lain. Jangan letakkan jari kaki di atas yang lain, sebaliknya kaki kanan dan kiri harus bersebelahan. Tempatkan telapak tangan pada lutut menghadap ke atas. Luruskan punggung Anda dan lihat ke depan. Tahan pose yoga ini sebentar.

Otot-otot betis dikenal sebagai jantung kedua tubuh karena mobilitas ditentukan oleh kekuatan otot-otot betis. Vajrasana dapat memobilisasi dan memijat otot betis. Selain itu gerakan ini juga bisa melemaskan sekaligus menguatkan kaki, pergelangan kaki, pergelangan kaki tertekuk, dan postur yang baik untuk meditasi.

2. Padahastasana
Gangguan Pencernaan dan Metabolisme Tuntas dengan Gerakan Yoga Ini

Mulailah dengan berdiri di Samasthithi. Buang napas dan tekuk tubuh bagian atas secara lembut, jatuhkan kepala dan jaga agar bahu serta leher tetap rileks. Cobalah menyentuh lutut dengan dahi. Ini mungkin membutuhkan banyak fleksibilitas. Jika Anda memulai latihan, lakukan senyaman mungkin. Ketika Anda melipat ke depan, cobalah untuk memindahkan tubuh dari sendi pinggul, bukan pinggang.

Tempatkan telapak tangan di kedua sisi kaki. Cobalah untuk menjaga kaki dan lutut tetap lurus selama latihan. Bila seorang pemula, Anda mungkin harus sedikit menekuk lutut untuk melakukannya. Dengan latihan, perlahan-lahan luruskan lutut Anda dan cobalah menyentuh dada hingga paha. Tahan delapan hingga 10 kali napas.

Manfaat gerakan yoga ini membantu menghilangkan kelebihan lemak perut, meningkatkan pencernaan dan mengurangi sembelit, menyembuhkan banyak penyakit perut, memperkuat tulang belakang, membuatnya fleksibel, memperkuat saraf, meningkatkan konsentrasi, serta mempercepat metabolisme. Gerakan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita masalah lambung, perut kembung, dan gangguan pencernaan hingga mengencangkan organ pencernaan sekaligus meningkatkan fungsi limpa dan hati

3. Balasana
Gangguan Pencernaan dan Metabolisme Tuntas dengan Gerakan Yoga Ini
Berlututlah di tikar dan duduk di atas tumit. Tarik napas lalu angkat lengan di atas kepala. Buang napas dan tekuk tubuh bagian atas ke depan. Tempatkan dahi di lantai. Pelvis harus bertumpu pada tumit. Pastikan punggung Anda tidak membungkuk.

Gerakan balasana bermanfaat untuk membantu meredakan kelelahan. Ini adalah gerakan istirahat untuk merilekskan tubuh. Dengan napas yang teratur, mampu mengembalikan keadaan tenang. Gerakannya memanjang sehingga dapat meregangkan tulang belakang, juga dengan lembut meregangkan pergelangan kaki, pinggul, serta bahu dan merangsang pencernaan. Meregangkan tulang belakang dapat meredakan sakit leher dan punggung.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7166 seconds (0.1#10.140)