Trik Menjaga Pencernaan Selalu Sehat

loading...
Trik Menjaga Pencernaan Selalu Sehat
Trik Menjaga Pencernaan Selalu Sehat
JAKARTA - Untuk menjaga agar pencernaan selalu sehat, beberapa hal dapat dilakukan, seperti menurunkan tingkat stres, melakukan meditasi, berjalan-jalan, melakukan pijat, hang out, menghirup minyak esensial, mengurangi minuman mengandung kafein, bergembira, tertawa, yoga atau memiliki binatang peliharaan. Selain itu, dianjurkan cukup tidur yang berkualitas selama 7-8 jam di malam hari.

Dalam kebiasaan makan, dianjurkan untuk mengunyah makanan cukup dan perlahan-lahan untuk mengurangi tekanan pada sistem pencernaan. Jika makanan dikunyah sebanyak 32 kali dalam mulut, maka kerja sistem pencernaan menjadi lebih ringan. Hal ini karena didalam mulut terdapat enzim amilase untuk memecah pati menjadi karbohidart yang lebih sederhana yaitu maltosa.

Dengan demikian akan mempercepat sistem pencernaan dalam mengolah karbohidrat yang artinya telah mengurangi tekanan dan menjaga sistem pencernaan bekerja tidak terlalu berat. Selain itu, mengunyah 32 kali juga memudahkan nutrisi terserap lebih maksimal karena semakin kecil molekul yang diterima sistem pencernaan maka semakin mudah enzim memecah dan mengekstrak nutrisi lainnya. Keadaan ini juga memperkecil kemungkinan terbuangnya nutrisi melalui ekskresi.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima SINDOnews, konon, cara mengunyah makanan ini dapat membuat penderita insomnia dapat tidur lebih cepat dan pulas, pasien dengan keluhan iritasi usus juga bahkan dapat memperbaiki kondisi mereka dengan mengunyah makanan secara perlahan dan lama.



Untuk menjaga kesehatan pencernaan, dianjurkan untuk minum cukup air, hal ini untuk menjaga keseimbangan flora bakteri baik. Juga sebaiknya mengenal makanan apa yang membuat alergi pada diri sendiri, jika timbul symptoms seperti kram perut, begah, sakit rongga perut, diare, timbul merah pada kulit, maka sebaiknya memeriksa makanan tersebut karena dapat berarti tubuh alergi terhadapnya.

Menjaga kesehatan pencernaan, dapat juga dilakukan dengan kebiasaan makan makanan mengandung probiotic atau prebiotic. Probiotic adalah bakteri baik, sedangkan prebiotic adalah makanan untuk bakteri baik tersebut. Secara umum mengurangi konsumsi makanan olahan, makanan tinggi gula dan tinggi lemak, dan sebaiknya konsumsi makanan dari tumbuhan, tinggi protein dan tinggi serat untuk tumbuhnya bakteri baik dalam pencernaan.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan:
1. Yogurt, kimchi, acar kubis, kombucha, tempe, miso dan kefir.
2. Sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, oats, pisang, berries, asparagus. Makanan tinggi serat akan membuat BAB teratur dan pencernaan menjadi sehat, bersih, dapat menyerap nutrisi secara maksimal.
3. Bawang putih dan bawang bombay mengandung anti-cancer and meningkatkan sistem imunitas.
4. Makanan kaya collagen (protein struktural) untuk jaringan sel seperti sumsum dan salmon, jamur, produk dari susu, dan daging.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top