Agar Tak Tertular, Ini Imbauan Menkes pada Masyarakat Terkait COVID-19

Senin, 02 Maret 2020 - 19:30 WIB
Agar Tak Tertular, Ini Imbauan Menkes pada Masyarakat Terkait COVID-19
Agar Tak Tertular, Ini Imbauan Menkes pada Masyarakat Terkait COVID-19
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menghimbau masyarakat Indonesia menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah terpaparnya COVID-19. Gerakan hidup sehat dikatakan Terawan terbukti mampu melindungi diri dari virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China, itu.

"Dari awal saya bilang, gerakan masyarakat hidup sehat. Gerakan hidup sehat sudah digaungkan. Digaungkan di mana-mana dan jadi domain kita," kata Terawan saat mengunjungi Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Lebih lanjut Terawan menekankan masyarakat untuk tidak melakukan kontak langsung dengan pasien yang terinfeksi COVID-19. Pasalnya, paparan virus mematikan ini bisa terjadi antarmanusia melalui kontak langsung. Di sisi lain, yang tidak kalah penting adalah menjaga daya tahan tubuh atau meningkatkan imunitas tubuh.

Menurut Terawan, daya tahan tubuh yang baik bisa melindungi seseorang dari paparan penyakit, termasuk COVID-19. Hal itu terbukti dari 188 WNI pekerja Kapal World Dream yang hingga saat ini dinyatakan negatif COVID-19, meski sebelumnya telah berada di kapal yang sama dengan mereka yang terinfeksi virus tersebut.

"Jangan dekati orang yang kena (terinfeksi COVID-19), nanti close contact. Cuci tangan. Nomor satu, jaga imunitas. Imunitas turun, itulah saat kita bisa terkena. Saat imunitas baik, kita nggak akan terkena. Nggak semua orang kontak, sakit dan positif corona. Contohnya World Dream itu, ada kontak. Faktanya 188 orang di World Dream tidak positif. Sampai sekarang sehat," beber Terawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa COVID-19 telah masuk ke Indonesia. Dua warga yang merupakan ibu dan anak dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 setelah kontak dengan warga negara Jepang yang positif terinfeksi saat berkunjung ke Indonesia.

Kedua pasien yang berdomisili di Depok itu kini sedang menjalani perawatan dan diisolasi khusus di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0253 seconds (0.1#10.140)