alexametrics

Pengadilan Nyatakan Stairway to Heaven Bukan Lagu Jiplakan

loading...
A+ A-
Led Zeppelin akhirnya memenangkan kasus gugatan akibat tuduhan menjiplak riff gitar pembuka lagu hit mereka, Stairway to Heaven. Band legendaris asal Inggris itu berhasil meyakinkan pengadilan banding Amerika Serikat (AS) untuk mengembalikan lagi keputusan juri bahwa mereka tidak mencuri riff gitar tersebut. Gugatan itu dilayangkan 6 tahun lalu oleh gitaris Randy Wolfe dari band Spirit.

Dalam keputusan mereka, pengadilan banding di San Francisco mengatakan, Stairway to Heaven tidak melanggar lagu Taurus milik Randy Wolfe. Stairway to Heaven ditulis Robert Plant (vokal) dan Jimmy Page (gitar) pada 1971 dan menjadi lagu hit Led Zeppelin. Sementara, Taurus dibuat band Spirit pada 1967.

“Proses persidangan dan banding sudah naik ke Stairway to Heaven,” tulis Hakim Margaret McKeown dalam keputusan yang dirilis pada Senin (9/3) waktu setempat.



Keputusan ini membuat kecewa pihak Randy Wolfe. Randy, yang tampil sebagai Randy California, tewas tenggelam pada 1997. Namun, sebuah wali yang mengurus hartanya berusaha mencari ganti rugi yang berpotensi mendatangkan jutaan dolar dari gugatan tersebut. Gugatan itu diajukan Michael Skidmore, wali mendiang Randy.

“Jelas, pengadilan ini salah. Ini adalah kekalahan besar bagi pencipta, mereka yang undang-undang hak ciptanya harusnya dilindungi,” ujar pengacara perwalian itu, Francis Malofiy, seperti dikutip Reuters.

Atas keputusan ini, pihak Randy sepertinya belum menyerah. Francis mengatakan, pihaknya mungkin akan naik banding ke Mahkamah Agung AS. Sementara, pengacara Led Zeppelin belum memberikan komentar atas keputusan pengadilan tersebut.

Wali Randy, Michael Skidmore mengatakan, Stairway to Heaven dan Taurus punya progresi kord yang sama. Menurut Michael, Jimmy mungkin terinspirasi menulis Stairway untuk Led Zeppelin setelah mendengar Spirit membawakan Taurus ketika dua band itu tur bersama pada 1968—1969. Tapi, sampai lagu itu dirilis dan menjadi hits, Randy tidak pernah mendapatkan kredit. (Baca Juga: Stairway to Heaven Dituduh Jiplakan, Led Zeppelin Hadapi Gugatan)

Pada vonis yang dikeluarkan Juni 2016, juri menemukan sementara Robert dan Jimmy punya akses terhadap Taurus, riff gitar lagu itu tidak sama dengan Stairway to Heaven. Para juri tidak diperkenankan mendengarkan Taurus. Keputusan pengadilan banding yang dikeluarkan Senin (9/3) itu menemukan hal tersbeut dan dugaan kesalahan lain yang tidak memerlukan pengadilan baru.

Yang lebih penting, pengadilan membatalkan aturan ‘rasio terbalik’ yang menyebut lebih banyak akses yang dimiliki penulis lagu pada lagu sebelumnya, lebih rendah bar untuk membuktikan persamaan substansial itu. Menurut Hakim Margaret, peraturan itu menentang logika karena konsep akses telah menjadi cair karena lebih banyak lagu yang tersedia di Netflix, Spotify, YouTube dan platform lain.

Dia juga mengatakan, persamaan lagu minor mungkin tidak mendukung klaim penjiplakan. “Kami tidak pernah mengulurkan perlindungan hak cipta hanya untuk beberapa nada,” tulis Margaret.

Menurut gugatan itu, Randy mengeluhkan tentang kesamaan antara kedua lagu itu dalam sebuah wawancara yang dilakukan beberapa saat sebelum dia tenggelam di Samudera Pasifik saat berusaha menyelamatkan putranya pada 1997. Stairway to Heaven adalah lagu dari album keempat Led Zeppelin yang tidak diberi judul. Album itu kemudian dikenal sebagai Led Zeppelin IV.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak