Cara Paling Efektif Cegah Penularan Virus Corona

Selasa, 17 Maret 2020 - 17:30 WIB
Cara Paling Efektif Cegah Penularan Virus Corona
Cara Paling Efektif Cegah Penularan Virus Corona
A A A
JAKARTA - Penggunaan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70% dipercaya dapat melindungi tangan dari virus yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Termasuk di antaranya COVID-19.

Hal itu membuat banyak orang lantas berburu hand sanitizer sehingga harganya melonjak tinggi di pasaran. Di sisi lain, momen ini dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk membuat hand sanitizer sendiri dengan menggunakan berbagai macam bahan.

Di media sosial marak pula tutorial tentang cara membuat hand sanitizer yang keamanannya belum tentu terjamin dan bahkan belum mendapat izin.

"Memang pencegahan COVID-19 ini perlu. Cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun pun cukup. Untuk kita, etika batuk dan pakai tisu buang yang baik, itu sudah cukup," kata Ketua UKK Infeksi dan Penyakit Tropis IDAI DR. dr. Anggraini Alam, Sp.A(K) di Jakarta, kemarin.

"Hand sanitizer pakai alkohol 70%. Maksudnya bukan bahannya apa. Memang dia (virus) sanggup bertahan sembilan hari di permukaan. Jadi yang penting itu kesiapan. Sesering mungkin mempraktikkan cuci tangan, bukan mahal dan ampuhnya hand sanitizer. Kalau nggak cuci tangan saja seharian, itu lebih bahaya," tambahnya.

Di sisi lain, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengungkapkan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air efektif membunuh kuman setelah tangan menyentuh berbagai benda. Pertama-tama, masyarakat disarankan mencuci tangan dengan air hangat atau dingin dan kemudian menyabuninya menggunakan sabun selama 20 detik.

Sabuni tangan pada bagian punggung tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku jari sebelum dibilas. Namun, jika Anda tidak berada di dekat wastafel, hand sanitizer bisa digunakan. Tetapi, perlu diingat bahwa produk pembersih tersebut tidak membunuh semua kuman. Baca label dan pastikan Anda menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol setidaknya 70%. Setelah mengoleskan hand sanitizer, gosokkan ke seluruh tangan sampai kering.

Cara lain untuk mencegah penularan COVID-19 adalah dengan tidak menyentuh wajah, karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, virus dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui mata, mulut, atau hidung.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7428 seconds (0.1#10.140)