5 Jenis Salad Tak Sehat yang Bikin Gagal Diet

Selasa, 17 Maret 2020 - 21:30 WIB
5 Jenis Salad Tak Sehat yang Bikin Gagal Diet
5 Jenis Salad Tak Sehat yang Bikin Gagal Diet
A A A
JAKARTA - Salad tentu sudah jadi makanan pokok bagi siapa saja yang sedang melakukan percobaan penurunan berat badan. Tak hanya itu, salad juga jadi makanan utama untuk seseorang yang ingin tubuhnya tetap bugar dalam waktu lama.

Banyak orang yang membuat berbagai macam jenis salad agar tidak merasa bosan dengan varian salad yang itu-itu saja, salah satunya mencampuri salad mereka dengan saus salad yang menarik. Saus salad umumnya banyak dijual di pasar. Hal itu tentu mempermudah seseorang untuk membuat varian baru salad mereka.

Namun ternyata, mendekorasi salad tidak selamanya baik lho. Justru kegiatan tersebut dapat menentukan seberapa sehat dan seberapa bebas kalorinya salad yang akan dimakan.

Beberapa saus salad memiliki persentase lemak dan gula yang tinggi sehingga mampu membuat salad Anda tidak sehat. Seperti dikutip dari India Times, berikut adalah daftar saus salad yang harus Anda hindari jika Anda ingin salad Anda tetap sehat dan tidak mengagalkan diet Anda:

1. Saus Ranch
Tidak diragukan lagi, saus ranch merupakan saus salad yang sangat terkenal. Rasa tajam dari buttermilk dengan bawang putih sangat disukai oleh banyak orang. Namun, saus ranch sangat kaya akan lemak jenuh dan natrium. Sulit bagi tubuh Anda untuk melakukan metabolisme saat ada lemak jenuh. Lemak ini adalah lemak yang mengarah pada kenaikan berat badan. Jadi, jauhi saus yang satu ini dari salad Anda terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan.

2. Saus Thousand Island
Saus Thousand Island yang terbuat dari berton-ton mayones dan saus tomat, rupanya tidak mempunyai nilai gizi yang nyata. Saus ini diisi dengan lemak jenuh, natrium, dan gula yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Saus ini bisa membuat salad Anda tidak sehat dari yang Anda bayangkan. Sebagai gantinya, cobalah versi yang lebih sehat dan dapat dibuat di rumah dengan mengganti bahan-bahan seperti mayones dengan alternatif yang lebih sehat.

3. Saus Fatty Blue Cheese atau Keju Biru Berlemak
Bahan dasar dalam saus keju biru, seperti namanya, adalah keju biru. Anda harus menjauh dari saus salad yang satu ini terutama jika Anda sedang mengikuti diet ketat. Keju, meskipun tajam dan menarik bagi lidah, menambah banyak lemak dan natrium dalam campuran. Sausnya memiliki nilai kalori yang tinggi dan sangat tidak dianjurkan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Keju dapat diganti dengan yogurt Yunani untuk mempertahankan rasa asam dan bau serta memberikan sentuhan yang lebih sehat.

4. Saus Italia
Meskipun saus salad Italia adalah alternatif yang lebih baik dari rekan-rekan berkrimnya, itu tetap memegang persentase besar dari asupan kalori harian Anda. Pembalut Italia tidak memiliki nilai gizi. Lebih buruk jika Anda memilih alternatif yang dibeli di toko. Dianjurkan untuk mencari pengganti buatan sendiri yang dibuat dengan bahan-bahan yang lebih sehat dan menambah nilai pada salad Anda. (Baca juga: Lindungi Anak dari Corona, Begini Tipsnya ).

5. Saus Caesar
Saus caesar adalah makanan pokok di sebagian besar restoran dan merupakan favorit bagi banyak pemakan salad baru. Rasa saus yang sangat disukai banyak orang itu berasal dari keju parmesan, minyak, dan kuning telur. Keju dan minyak jika digabung menjadi satu dalam pembuatan saus salad, dapat membuat saus semakin berlemak dan asin. Siapa pun yang ingin menurunkan berat badan harus menjauhi saus caesar.

Saus salad memang bisa membuat salad yang membosankan menjadi jauh lebih enak. Namun sayangnya banyak dari saus tersebut yang justru membuang semua upaya diet dan upaya menjalani hidup sehat. Pastikan Anda menggunakan bahan alternatif buatan sendiri yang lebih sehat untuk salad Anda ya.

(deslita krissanta sibuea)
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3819 seconds (0.1#10.140)