alexametrics

Rilis Diundur, Black Widow Tak Pengaruhi Lini Masa MCU

loading...
A+ A-
Penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) yang sudah tidak sabar ingin segera menyaksikan pembukaan Fase 4 harus menelan kecewa. Disney dan Marvel Studios memutuskan untuk mengundurkan jadwal perilisan film pembuka Fase 4, yaitu Black Widow dari tanggal 29 April ke waktu yang belum ditentukan. Pengunduran ini adalah dampak dari pandemic virus corona, Covid-19.

Keputusan Disney ini membuat Black Widow menjadi film besar terakhir yang harus ditunda penayangannya sehubungan dengan virus corona. Sebelumnya, sederet film yang paling diantisipasi tahun ini, seperti remake live action Mulan, A Quiet Place Part II, New Mutants, James Bond: No Time to Die, dan Fast and Furious 9, juga diundur penayangannya karena pandemic Covid-19. (Baca Juga: 6 Film Hollywood yang Ditunda Perilisannya Akibat Virus Corona)

Black Widow menjadi bagian dari grup 2 film yang diundur perilisannya oleh Disney. Dikutip dari Screen Rant, selain Black Widow, Disney juga memundurkan jadwal tayang The Personal History of David Copperfield dan The Woman in the Window. Ketiga film itu dijadwalkan dirilis pada Mei mendatang di Amerika Serikat. Disney diperkirakan akan mengumumkan jadwal perilisan baru untuk tiga film tersebut.



Sebelumnya, Disney juga telah mengundurkan jadwal tayang 3 film yang sedianya masuk bioskop pada kurun waktu Maret—April 2020. Ketiga film itu adalah Mulan, New Mutants dan Antlers. Disney juga belum memberikan jadwal rilis baru untuk tiga film tersebut.

Lebih jauh, pengunduran jadwal perilisan film Black Widow itu membuat para penggemar khawatir. Mereka takut jika hal itu akan mempengaruhi ketersinambungan cerita di lini masa MCU. Namun, seorang sumber dalam Marvel mengatakan kepada Variety jika film besutan Cate Shortland itu tidak akan mempengaruhi film lain yang akan dirilis Marvel Studios.

“Mengundurkan perilisan Black Widow tidak mempengaruhi lini masa MCU. Belum jelas apakah implikasinya kalau Widow akan tayang sebelum Agustus atau film itu tidak penting bagi Fase 4 atau kalau sumber itu punya tesseract,” tulis Variety yang dikutip Comic Book.

Tesseract adalah salah satu “benda keramat” dari Fase 1—3 MCU yang berisi salah satu Batu Keabadian, yaitu Batu Ruang. Batu ini memungkinkan penggunanya untuk berpindah tempat seperti keinginannya. Batu ini terakhir kali terlihat di Avengers: Endgame. Yang pertama dari 2012 diambil Loki dan yang kedua dari tahun 1970an diambil Captain America dan Iron Man.

Black Widow ber-setting pada masa antara pasca-Captain America: Civil War dan Avengers: Infinity Saga. Di antara periode ini, Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) menjadi buronan setelah pindah kubu di Civil War. Karena ada keterlibatan lini masa ini, ada perkiraan kalau Marvel Studios akan memitigasi ketersinambungan cerita ini.

Lantas kapan Black Widow akan tayang di bioskop?

Di AS, bioskop diprediksi akan tutup setidaknya selama 6 pekan atau bisa jadi diperpanjang sampai 12 pekan. Ini sudah membuat Fast & Furious 9 memutuskan mengundurkan film itu hingga 1 April 2021. Sementara, No Time to Die memilih rilis pada November mendatang. Sementara, Mulan, A Quiet Place Part II dan New Mutants belum diketahui kapan akan ditayangkan. Namun, Black Widow punya opsi untuk menjadi salah satu film pertama yang ditayangkan setelah bioskop dibuka dalam 2 bulan ke depan.

Tanggal paling cepat adalah 22 Mei. Ini adalah tanggal perilisan Fast & Furious 9 di Amerika Serikat. Namun, tanggal ini berbahaya karena dekat dengan jadwal perilisan Wonder Woman 1984. Film produksi DC/Warner Bros. ini dijadwalkan tayang pada 5 Juni dan sampai saat ini belum diputuskan untuk ditunda. Baik Marvel maupun DC tentu memilih untuk menghindari perang di box office kedua film ini.

Menurut Comic Book, tanggal paling masuk akal untuk perilisan Black Widow adalah 26 Juni. Satu-satunya film yang dirilis pada tanggal itu adalahn The Height yang dianggap bukan pesaing langsung Black Widow. Tanggal ini berjarak 3 pekan setelah Wonder Woman dan dibuka sebelum akhir pekan Juli yang menjadi tanggal perilisan film baru Ryan Reynolds, Free Guy.

Black Widow tidak bisa diundur lebih jauh. Tahun ini, Marvel punya Eternals yang akan tayang pada November mendatang dan serial The Falcon and the Winter Soldier akan tayang di Disney+ pada Agustus. Jika The Falcon and the Winter Soldier tidak mempengaruhi perilisan Black Widow, maka film ini bisa dirilis pada 28 Agustus. Scenario ini masuk akal karena akan memberikan jalan bagi Black Widow untuk mendominasi box office pada September. Namun, tanggal perilisan Black Widow ini sepertinya juga akan bergantung pada kapan Mulan, A Quiet Place Part II dan New Mutants dirilis.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak