alexametrics

Lindungi Orang Tua dari Risiko COVID-19, Begini Caranya

loading...
A+ A-
JAKARTA - Coronavirus (COVID-19) kini telah menjadi pandemi global. Para pakar kesehatan dan ilmuwan terus menyarankan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri dari virus ini, terutama bagi orang dewasa yang berusia di atas 60 tahun dan anak-anak.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang tua dengan kondisi medis atau memiliki penyakit bawaan seperti diabetes atau kanker paru-paru dapat dengan mudah terinfeksi karena kekebalan tubuh mereka yang lebih rendah. Bagi para orang tua, ada beberapa langkah sementara yang bisa diambil demi mencegah atau meminimalisir kemungkinan terpapar virus corona.

Dikutip dari laman Boldsky, langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.



1. Tidak boleh ada rencana bepergian.
Pada musim pandemi ini, disarankan orang dewasa atau lanjut usia agar tidak membuat rencana perjalanan dan jika sudah terlanjur dibuat, tundalah untuk sementara waktu karena selama di perjalanan akan lebih besar kemungkinan terkena infeksi.

2. Jauhi pertemuan sosial.
Acara besar yang melibatkan banyak orang akan membuat Anda lebih banyak berjabat tangan dan bersentuhan fisik dengan orang lain. Pertemuan dengan skala besar juga memungkinkan Anda untuk menyentuh benda-benda yang mungkin terinfeksi oleh coronavirus.

3. Tidak boleh ada kunjungan keluarga.
Dalam situasi seperti saat ini, para orang tua juga jangan dulu mengunjungi anak-anak, terutama jika ingin bertemu cucu karena anak-anak juga bisa dengan mudah terinfeksi oleh virus ini.

4. Batalkan acara yang tidak penting.
Orang tua menghadapi banyak masalah kesehatan dan mereka pasti memiliki jadwal pemeriksaan rutin ke dokter. Namun, saat ini disarankan untuk berhati-hati saat mengunjungi dokter. Cobalah menunda jadwal kunjungan ke dokter untuk sementara waktu.

5. Perhatikan rutinitas harian.
Wabah corona telah memengaruhi aktivitas sehari-hari banyak orang. Para orang tua harus lebih memperhatikan kebiasaan rutin mereka seperti tidur tepat waktu, makan sehat, dan berolahraga setiap hari.
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak