alexametrics

5 Tips Bantu Anak Belajar Flora-Fauna dari Rumah

loading...
A+ A-
JAKARTA - Ketika sekolah harus diliburkan untuk menjaga keamanan kita bersama, orangtua harus mencari jalan untuk memastikan anak-anak tidak kehilangan waktu belajar. Pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan melalui berbagai pendekatan yang membuat si kecil semakin terlibat dan aktif.

Belajar soal hewan dan tanaman misalnya. Ada beberapa hal yang bisa Anda ajarkan kepada anak tentang dua jenis makhluk hidup tersebut dengan bantuan smartphone dan jaringan internet.

Berikut adalah 5 tips dari Google buat Anda para orangtua untuk memperkenalkan keajaiban flora dan fauna, cukup dari layar smartphone.



1. Temui hewan augmented reality (AR) seukuran aslinya di Google Search.
Anda dapat menunjukkan kepada anak-anak beruang cokelat, hiu, dan 27 hewan lain seukuran aslinya melalui pencarian sederhana di Google Search. Anda dapat "membawa" hewan-hewan tersebut ke rumah, sehingga anak-anak bisa melihat seberapa besar atau kecil mereka, serta bagaimana anak membandingkannya dengan, katakanlah, sofa atau barang-barang di rumah.

2. Kenali berbagai suara asli hewan melalui Google Search.
Selain melihat perkiraan ukuran asli seekor hewan, cukup dengan mencari “suara hewan” di Google Search, Anda dan anak-anak juga dapat memperkenalkan berbagai suara asli beberapa jenis hewan.

3. Identifikasi tanaman atau hewan peliharaan dengan Google Lens.
Dengan Google Lens, Anda dapat mencari apa yang Anda lihat dan pelajari tentang dunia di sekitar Anda. Ketika sedang di pekarangan rumah, Anda atau anak-anak bertanya tentang jenis tumbuhan maupun hewan yang dilihat. Anda bisa mengeluarkan ponsel, membuka aplikasi Google Lens, dan mendapatkan bantuan untuk menemukan jawabannya.

4. Pelajari fakta seputar flora dan fauna di Google Search.
Pertanyaan tentang apa yang dimakan panda raksasa?, berapa panjangkah seekor python?, atau di manakah habitat macan tutul?, mungkin kerap memenuhi pikiran si kecil. Maka itu, perkenalkanlah anak-anak kepada fakta seputar flora dan fauna melalui knowledge panel hewan di Google Search. Cukup dengan mencari hewan atau tumbuhan yang ingin Anda pelajari, dan temukan kotak dengan detail menarik seperti nama ilmiah hewan, masa hidup mereka, serta makanan yang dikonsumsi.

5. Selami dunia bawah laut.
Ajak anak Anda untuk bertualang di bawah air di Raja Ampat, Taman Nasional Bunaken, Bali, hingga Pulau Komodo. Yang Anda butuhkan hanyalah Google Maps untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia yang menakjubkan.

Underwater Street View ini dibuat oleh tim XL Catlin Seaview Survey yang menggunakan kamera panorama yang dipasang pada skuter bawah air yang dikemudikan seorang penyelam. Inisiatif tersebut adalah bagian dari studi global yang didedikasikan untuk memantau perubahan karang laut dan mengungkapkan perubahan itu kepada dunia.
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak