Eki Bidani Band Baru Art of Tree

Minggu, 26 Oktober 2014 - 14:21 WIB
Eki Bidani Band Baru Art of Tree
Eki Bidani Band Baru Art of Tree
A A A
TANGAN dingin musisi, komposer, dan pencipta lagu Eki Puradiredja kembali dibuktikan dengan melahirkan grup band baru, Art of Tree. Meskipun terbilang pendatang baru, Art of Tree yang sudah terbentuk pada 2011 tidak bisa dipandang sebelah mata.

Art of Tree terdiri atas enam anak muda yang memiliki kemampuan bermusik di atas rata-rata, seperti Muhammad Ibnu Rafi (drummer), Felix Tri Kurnia (gitaris), Abram Lembono (keyboardist), Dimas (vokalis), Andre Rugebert atau dikenal dengan nama Shotgun Dre (MC), dan Fajar Nugroho (bassis).

Beberapa nama sudah tidak asing lagi bagi penggemar jazz Indonesia. Rafi sudah memiliki portofolio panjang dengan kolaborasi bersama musisi jazz Indonesia dan dunia. Begitu juga Fajar Nugroho yang mampu menjamin permainan bass di band ini berjalan baik.

Dalam gaya bermusik, Art of Tree mencoba menghadirkan sesuatu yang baru, meski tidak benar-benar baru. Otak jenius Rafi selaku drummer sekaligus konseptor Art of Tree mampu melebur berbagai genre musik seperti pop, jazz, elektronika, dan hiphop ke dalam lagu-lagu dalam album perdana bertajuk "Self-titled" yang dirilis pada Rabu (22/10).

Peran Eki Puradiredja sebagai musisi yang turut andil akan lahirnya Maliq & D’Essentials, adalah sosok penting di balik lahirnya Art of Tree. Seperti diketahui, nama Eki di ranah musik Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Tangan dingin Eki dalam menghasilkan karya musik telah membuatnya menjadi salah satu musisi yang cukup disegani. Mulai dari Indra Lesmana, Jamie Aditya, hingga Maliq & D'Essentials, pernah menjadikan Eki sebagai produser album mereka.

"Saya sebut mereka (personel Art of Tree) kelahiran baru generasi musik Indonesia. Bakat mereka luar biasa. Saya sudah tahu Rafi dari usianya 8 tahun dan saya notice bahwa dia akan menjadi hebat," ujar Eki sesaat sebelum peluncuran album Art of Tree di Foundry, SCBD, Jakarta, belum lama ini.

Mengenai konsep bermusik yang diusung Art of Tree, Eki sebagai salah satu kreator dan produser band ini mengatakan, dia dan Rafi ingin mengemas sebuah band yang mampu menyimpang dari pakem musik yang sudah ada.

"Kami mesti keluar dari satu genre dan bikin satu hal yang baru. Yang keren itu yang fresh. Enggak perlu meniru yang sudah ada," papar kakak kandung vokalis dan drummer Maliq & DEssentials Angga dan Widi Puradiredja ini.

Lepas dari persoalan apakah mereka akan diterima di pasaran, apresiasi serta acungan jempol patut diberikan kepada Eki dan Art of Tree karena mereka coba menghadirkan variasi musik yang berbeda bagi publik, dengan kualitas yang dipertimbangkan secara masak.

Thomas manggalla


MINGGU 26 OKTOBER 2014
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4193 seconds (0.1#10.140)