Victoria Beckham Pengusaha Paling Sukses

Selasa, 28 Oktober 2014 - 10:09 WIB
Victoria Beckham Pengusaha Paling Sukses
Victoria Beckham Pengusaha Paling Sukses
A A A
BELUM cukup prestasi yang patut dibanggakan dari seorang Victoria Adam. Setelah dipilih menjadi duta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), istri David Beckham ini mendapat penghargaan sebagai pengusaha paling sukses di Inggris oleh Management Today.

Penyanyi berusia 40 tahun yang kini memantapkan karier menjadi perancang busana ini berada di puncak dari 100 orang pebisnis di Inggris. Victoria mengalahkan Sir James Dyson, desainer terkenal pemilik label Dyson dan desainer senior Dame Vivienne Westwood.

Namanya muncul di urutan atas setelah omzet bisnis fashion dengan namanya meningkat dari 1 juta poundsterling atau sekitar Rp19 miliar menjadi 30 juta poundsterling hanya dalam waktulima tahun.

Bulan lalu ibu dari empat anak ini membuka butik pertamanya di Mayfair London. Lima tahun lalu dia hanya memiliki tiga karyawan, tetapi sekarang sudah ada 100 pegawai yang bekerja di tempat tersebut. Pada 2012 lalu Victoria mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia dipanggil posh karena menyukai restoran yang bagus dan pakaian bagus. Kini dia pasti mampu memiliki keduanya karena sejak 2009 omzet usahanya telah meningkat sebesar 2.900% dan membuat pertumbuhan lapangan kerja dari 3.233%.

Andrew Saunders Manajemen Today mengatakan kepada The Daily Telegraph , Victoria menjadi orang yang mampu mengembangkan usahanya dengan baik."Dia punya bisnis yang nyata, beberapa bakat desain, dan beberapa bisnis. Dia mendapat banyak pengakuan untuk menjadi fashionista," tuturnya.

Victoria meluncurkan label modenya pada 2008 lalu. Desain yang menarik ini telah dipakai oleh para bintang Hollywood, mulai Gwyneth Paltrow sampai Kate Winslet. Bulan lalu penyanyi Ellie Goulding dikabarkan mengunjungi butik milik Victoria. Kini Victoria mempunyai kekayaan sekitar 210 juta poundsterling, menyalip pundi-pundi yang dimiliki sang suami. Kabarnya David Beckham dilaporkan memiliki penghasilan 165 juta poundsterling pada 2013. Kekayaan bersama pasangan selebriti itu diperkirakan mencapai 380 miliar poundsterling.

"Pertama kalinya aku merasa terkenal, tapi sekarang aku merasa berhasil," kata Victoria berbicara tentang transformasi dirinya dari penyanyi menjadi desainer dalam sebuah wawancara, baru-baru ini. Selain Victoria, banyak juga para selebriti wanita yang sukses sebagai pengusaha. Supermodel Tyra Banks salah satunya. Usai pensiun dari dunia modeling yang dijalani selama 20 tahun, dia kemudian fokus pada bidang media yang masih berhubungan dengan dunia mode.

Dia memiliki tiga pertunjukan untuk namanya, semua diproduksi oleh perusahaannya, Bankable Productions, yakni The Tyra Banks Show, Amerika Next Top Model, dan Stylista. Pada 2007 Bankable Productions menandatangani kesepakatan dengan Warner Brothers untuk menggarap film The Clique. Menurut New York Times , kekayaan bersih yang dimilikinya diperkirakan USD75 juta pada 2008 lalu.

Selebriti lainnya, ada presenter ternama Oprah Winfrey. Melalui The Oprah Winfrey Show yang diperkenalkan pada 1986, kemudian menjadi kerajaan media milik Oprah dan bercabang dengan perusahaan produksi sendiri, Harpo. Bidang produksinya, yakni menghasilkan beberapa acara populer yang diselenggarakan oleh beberapa selebriti, seperti Dr Phil dan Rachael Ray bersama dengan perusahaan film, Harpo Films, dan majalah populer, O. Kekayaan bersihnya sebesar USD2,3 miliar. Posisinya berada di 141 pada Forbes 400 tahun 2009.

Adapun si kembar dari keluarga The Olsen, Mary Kate dan Ashley Olsen, menjadi memimpin Dualstar Entertainment, kelompok ritel yang didirikan atas nama mereka pada 1993. Kini keuntungan yang diperolehnya sekitar USD1 miliar untuk barang dagangan, mulai pakaian hingga aksesori untuk kosmetik.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5070 seconds (0.1#10.140)