Menatap TOP 10

Jum'at, 31 Oktober 2014 - 10:20 WIB
Menatap TOP 10
Menatap TOP 10
A A A
SIAPA kontestan yang layak masuk Top10 Rising Star Indonesia? Tidak mudah menentukannya, sebab 11 peserta tersisa mampu memikat penonton dan para expert. Persaingan pun semakin seru dan menarik.

Hanin Dhiya Citaningtyas, Ghaitsa Puteri, Indah Nevertari mempunyai karakter vokal yang khas dan kuat, tak heran jika belakangan fans mereka terus bertambah. Demikian dengan Evony Arty, Reyna Qotrunnada, Talita Arsyta, dan Mega Mauro, mereka kerap memberi penampilan memukau di atas panggung.

Sementara CND band, Bluesmates, dan eRKa Band menjadi kelompok musik yang semakin kompak. Pemirsa pun semakin sulit menentukan band yang terbaik. Kendati demikian, CND mampu mencuri perhatian dengan musik yang disuguhkan. Indra Azis, pelatih vokal ternama Indonesia yang mengasah bakat kontestan Rising Star Indonesia ini melihat potensi dan bakat para kontestan yang masih bisa terus diasah kemampuannya sehingga dia pun mengaku kesulitan memprediksi siapa yang akan tereliminasi.

"Masing-masing memiliki karakter. Namun, untuk teknik vokal, ada tiga penyanyi solo wanita yang mempunyai kualitas, yakni Hanin, Mega, dan Talita. Mega bisa menyanyi suara lembut dan tiba-tiba keras. Untuk Talita ada kekurangan untuk stage act di panggung, saya selalu menyarankan agar dia harus lebih mendominasi panggung," kata Indra.

Bagaimana dengan Indah Nevertari? Menurut Indra, penyanyi berkerudung itu mempunyai daya tarik tersendiri dengan suara dan pilihan lagu yang selalu groovy."Indah bagus di lagulagu tertentu, lagu groovy yang dia suka, kalau genre berbeda, dia agak kewalahan. Saya khawatir, dia malah banyak mikir pas nyanyi," kata Indra.

Selama ini karakter Indah memang pada lagu-lagu semi-rap dan suara itu yang kuat melekat dan Indra tidak ingin mengubah karakternya lantaran sudah memeliki ciri khas dan sudah menemukan jati dirinya dalam bernyanyi. Pemilik tempat latihan Vokal Plus ini mengaku, akan susah untuk mengubah karakteristik suara orang jika itu sudah menjadi kebiasaan seseorang ketika bernyanyi.

"Untuk Rising Star sekarang waktunya singkat, sulit untuk mengubah cara mengucapkan kata-kata. Jadi, saat Indah menyanyi, saya hanya berusaha mengembangkan saja. Jika dia menerima tantangan untuk menyanyi lagu-lagu slow , itu sangat riskan baginya," paparnya.

Ghaitsa yang sempat difavoritkan Ahmad Dhani karena kecantikan dan suaranya yang seksi, juga masuk kategori terpopuler versi Indra. Vote yang diberikan masyarakat juga cukup tinggi. Ghaitsa belum pernah mendapat vote di bawah 90%."Namun, dia selalu tampil aman dengan nada vokal yang lurus-lurus saja, tidak mencoba untuk improvisasi," ujarnya.

Sementara CND band menjadi kelompok musik bergenre pop yang disukai. Bukan hanya musiknya, vokalisnya bagus. Daya tariknya lebih kuat."Kalau yang lain hanya spesifik untuk lagu blues dan band British. Jadi, hanya beberapa yang suka. Bluesmate bisa bagus saat bisa membawakan lagu dari genre lain diubah menjadi blues seperti lagu Michael Jackson yang pernah diubah oleh mereka dan sukses dibawakan," kata Indra.

Berdasarkan catatan minggu lalu, Hanin, Ghaitsa, dan Reyna sama-sama memperoleh vote di atas 90%. Bahkan, Hanin yang masih duduk di bangku SMP sukses meraih 92% suara. "Terima kasih kepada semua orang yang sudah memberi dukungan," ujar Hanin di sela-sela penampilannya di babak top 12 Rising Star Indonesia di studio RCTI, Jumat (24/10).

Sebelumnya, Sony Saragih mampu tampil dengan suara yang memukau saat menyanyikan lagu milik Robin McAuley berjudul Teach Me How To Dream. Semua juri terpesona dengan penampilannya yang memukau. Dia mampu mendapatkan vote 87%.

Ananda nararya/Thomas manggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5339 seconds (0.1#10.140)