Rencanakan Karier dengan Matang

Sabtu, 01 November 2014 - 11:15 WIB
Rencanakan Karier dengan Matang
Rencanakan Karier dengan Matang
A A A
Persaingan kerja semakin ketat. Oleh karena itu, Anda harus pandai merencanakan karier Anda agar bisa berhasil. Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan agar perencanaan karier Anda lebih matang.

Tambah keterampilan

Jangan pernah berhenti belajar. Perbanyak terus keterampilan Anda, baik belajar bahasa, komputer, maupun yang lain. Keterampilanketerampilan tersebut akan membuat Anda memiliki nilai tambah dan lebih menonjol dibanding karyawan lain.

Belajar kepada senior

Perhatikan bagaimana senior Anda mengerjakan tugasnya. Jika Anda memiliki masalah, tanyakan dan jadikan dia mentor.

Kerjakan dengan maksimal

Pekerjaan Anda sekarang ini bisa menjadi batu loncatan bagi karier Anda. Jadi, bekerjalah dengan maksimal agar orang lain bisa melihat prestasi Anda.

Bangun jaringan

Jaringan atau network selalu ampuh untuk meningkatkan karier Anda. Jadi, jangan malas membangun jaringan.

Analisis pekerjaan impian

Pekerjaan apa yang Anda idam-idamkan? Apakah yang lebih banyak berhubungan dengan manusia atau teknologi? Apakah bekerja di dalam atau luar ruangan? Apakah sebagai eksekutif atau pengusaha? Cari tahu yang paling membuat Anda antusias, kemudian persiapkan diri untuk hal tersebut, misalnya dengan memperbanyak jaringan di bidang tersebut.

Selalu siap

Selalu perbarui CV. Jadi, jika ada tawaran menarik yang tiba-tiba datang, Anda juga dengan cepat bisa memperlihatkan kredibilitas Anda.

Siapkan pendidikan

Jika Anda punya impian besar dalam karier yang membutuhkan dukungan pendidikan formal tambahan, Anda harus kembali sekolah. Carilah pendidikan yang memang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda kejar.

Wujudkan mimpi Anda

Jika Anda punya mimpi besar, misalnya bersekolah kembali demi pekerjaan yang lebih besar dari yang sekarang atau menjadi pengusaha, kejarlah mimpi tersebut. Selama Anda yakin sudah melakukan persiapan, jangan ragu untuk meninggalkan pekerjaan Anda yang sekarang demi mengejar karier dan impian yang lebih besar.

Herita/w3schools
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5565 seconds (0.1#10.140)