7 Tips Jaga Keseimbangan antara Kehidupan Karier dan Personal

Kamis, 15 Juni 2023 - 20:40 WIB
loading...
7 Tips Jaga Keseimbangan antara Kehidupan Karier dan Personal
Menjaga keseimbangan kehidupan karier dan personal menjadi tantangan yang nyata di dunia modern dewasa ini. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menjaga keseimbangan kehidupan karier dan personal menjadi tantangan yang nyata di dunia modern dewasa ini. Banyak dari kita terjebak dalam siklus kerja yang padat, meninggalkan waktu dan energi yang terbatas untuk kehidupan pribadi.

Namun, memiliki keseimbangan yang sehat antara karier dan kehidupan pribadi sangat penting demi kesejahteraan serta kebahagiaan secara menyeluruh. Bagi Anda yang ingin menjaga keseimbangan kehidupan karier dan personal, berikut tujuh tips yang bisa diterapkan.

1. Menentukan Prioritas Kerja

Agar bisa menjaga keseimbangan kehidupan karir dan personal, tentukan terlebih dulu apa yang benar-benar penting bagi Anda, baik dalam hal karier maupun kehidupan pribadi.



Buat daftar prioritas dan alokasikan waktu Anda secara bijaksana untuk setiap aspek tersebut. Hal ini akan membantu Anda menghindari kelelahan dan kebingungan dalam mengelola waktu.

2. Kurangi Menggunakan Gadget

Menggunakan gadget secara terus menerus dapat berdampak buruk dalam keseimbangan karier dan personal. Jika hal tersebut menjadi kebiasaan, maka Anda tidak dapat bersantai dan mendapatkan kualitas istirahat yang baik.

Gunakan gadget dengan bijak seperti memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia atau mengusahakan untuk mematikan gadget sebelum pukul 8 malam agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

3. Tetapkan Batasan dalam Bekerja

Untuk menjaga keseimbangan kehidupan karier dan personal, tetapkan batasan serta perhatikan jam dalam melakukan pekerjaan. Biasanya pekerjaan dilakukan selama 8 jam per hari agar mendapatkan kualitas kerja yang baik.

Anda harus tegas dan jangan terjebak dalam budaya overworking yang dapat merusak keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi.

4. Memiliki Tempat yang Bersih

Kebersihan tempat kerja menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas seseorang. Jika memiliki tempat atau meja kerja yang bersih maka dapat meningkatkan semangat karyawan sehingga tidak mudah merasa lelah.

Mulailah dari hal kecil seperti merapikan meja yang berantakan atau merapikan dokumen dalam satu tempat khusus. Dari hal tersebut Anda dapat menjaga keseimbangan kehidupan karier dan personal.


5. Belajar untuk Katakan Tidak

Hal yang sulit dilakukan adalah untuk mengatakan tidak kepada orang lain. Terkadang, kita terlalu banyak menerima tanggung jawab dan tawaran yang dapat menghabiskan waktu maupun energi kita.

Belajar untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang tak mendukung keseimbangan yang Anda inginkan. Prioritaskan tugas-tugas yang benar-benar penting dan pelajari untuk didelegasikan jika memungkinkan. Anda dapat membantu orang lain jika pekerjaan Anda sudah terselesaikan.

6. Manfaatkan Cuti dan Liburan dengan Bijak

Jangan ragu untuk menggunakan hak cuti dan liburan yang Anda miliki. Gunakan waktu tersebut untuk bersantai, menjalani hobi, atau menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman.

Merencanakan liburan secara teratur dapat membantu menyegarkan pikiran dan membangun kembali energi yang dibutuhkan. Sehingga Anda dapat menerapkan kehidupan yang seimbang antara karier dan personal

7. Buat Jadwal Pekerjaan

Buatlah jadwal pekerjaan untuk mempermudah Anda dalam menerapkan keseimbangan karier dan personal. Hal tersebut membuat hubungan dengan orang terdekat lebih berkualitas. Sisihkan waktu untuk keluarga, teman, hobi, serta waktu luang untuk diri sendiri.

Jangan terlalu membebani diri dengan pekerjaan sehingga tidak memiliki waktu untuk bersantai dan menjaga kesehatan mental. Di luar jam kerja Anda dapat menggunakan waktu tersebut dengan kegiatan lain.

Dengan menerapkan keseimbangan kehidupan karier dan pribadi yang baik, Anda dapat mencapai kesuksesan dalam karier Anda sambil tetap merasakan kebahagiaan sekaligus kesejahteraan dalam kehidupan pribadi.MG/Vanya Aisy Nourzaki
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)