Anak Muda Harus Paham Dunia Maritim

Selasa, 04 November 2014 - 16:15 WIB
Anak Muda Harus Paham Dunia Maritim
Anak Muda Harus Paham Dunia Maritim
A A A
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memerlukan kekuatan maritim yang kuat salah satunya dengan pengetahuan di bidang ini kepada generasi muda. Komunitas Gen Maritim lahir untuk melakukan tugas ini.

Komunitas Gen Maritim adalah komunitas yang menggabungkan berbagai komunitas peduli dunia kemaritiman atau kelautan di Indonesia. Dalam komunitas ini, ada komunitas Remaja Bahari, Saka (Satuan Karya Pramuka) Bahari, dan karang taruna di wilayah sekitar Museum Bahari Jakarta di Jakarta Barat.

Digagas oleh Jurnal Maritim, media massa di bidang kelautan Indonesia yang kerap mengumpulkan komunitas bahari, Gen Maritim ingin memunculkan lagi semangat kemaritiman yang pernah begitu kental pada masa nenek moyang orang Indonesia. “Visi kami adalah memaritimkan negara kepulauan Indonesia yang belum maritim,” ujar Beni perwakilan dari Jurnal Maritim.

Mereka sebisa mungkin memperkenalkan maritim kepada generasi muda melalui kegiatan pramuka dengan melantik per angkatan. Kegiatan setiap angkatan rutin digelar, antusias pun besar karena banyak hal menarik mereka lakukan. Layaknya anggota Angkatan Laut, mereka juga diajarkan kedisiplinan. Talkshow seputar keamanan, kekayaan laut Indonesia, serta berbagai hal seputar dunia maritim digelar bulan Juni lalu di Cibinong. Gen Maritim juga pernah membuat Festival Pasar Ikan di dekat Museum Bahari. Hal ini sangat menjaring minat masyarakat luas terhadap keanekaragaman ikan di Indonesia.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8234 seconds (0.1#10.140)