Jalan-jalan Murah Menyenangkan

Selasa, 04 November 2014 - 16:26 WIB
Jalan-jalan Murah Menyenangkan
Jalan-jalan Murah Menyenangkan
A A A
Melancong ke tempattempat wisata di Indonesia yang indah dengan dana minim, bersama banyak teman, sekaligus ikut kemah seru, menjadi ciri khas traveling ala Komunitas Backpacker Jakarta.

Sesuai dengan namanya, komunitas Backpacker Jakarta (BPJ) adalah sekumpulan orang yang hobi jalan-jalan dengan menekan pengeluaran, namun tetap bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan. Caranya dengan mencari tempat-tempat wisata di Indonesia yang biayanya terjangkau, lalu melakukan share cost alias menanggung biaya transportasi, penginapan, atau lainnya secara bersama-sama, sesuai kesepakatan rombongan. “Selama ini kami perhitungannya tiap orang tidak mengeluarkan biaya lebih dari Rp300.000,” ujar pendiri BPJ Edi M Yamin.

Dengan biaya yang murah, komunitas yang berdiri pada April 2012 dan memiliki anggota aktif sekitar 300 sampai 400 anggota ini, biasanya jalan-jalan ke tempat wisata seperti gunung, pantai, atau pulau yang ada di Indonesia. “Nge-tripnya ke tempat wisata di sekitaran Jabodetabek, Pulau Jawa, Pulau Sumatera, sampai pernah juga ke Kalimantan,” papar Edi.

Nah yang seru dari melancong bersama BPJ adalah, hampir setiap perjalanannya dilakukan dengan menginap di tenda. Biasanya, dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 60 orang per perjalanan, membangun tenda atau berkemah jadi aktivitas yang seru dan terus diingat para peserta.

“Kalau pakai tenda, setiap anggota yang ikut diwajibkan bawa makanan dan minuman sendiri atau bawa peralatan masak dan nanti kami masak barengbareng,” sebutnya. Wah, menyenangkan bukan?

Apalagi, dia melanjutkan, suasana seperti ini juga berguna untuk lebih mengakrabkan diri satu sama lain, seru-seruan bareng, dan juga dijadikan ajang untuk tukar informasi seputar tempattempat wisata yang akan dikunjungi selanjutnya. “Dan ini sekaligus menjadi pembeda antara komunitas jalan-jalan kami dengan komunitas yang lainnya,” tuturnya.

Nah, lebih menariknya lagi dari komunitas yang anggotanya beragam, mulai dokter, guru, PNS, pengacara, manajer, direktur, hingga karyawan biasa ini terkadang juga melakukan tur ke tempat bersejarah atau museum untuk menghindari kejenuhan. “Bisa juga kami hanya nonton , nongkrong, hingga olahraga bareng,” paparnya.

Selain jalan-jalan atau nongkrong bareng, BPJ juga senang melakukan kegiatan sosial. “Setiap dua bulan sekali, kami selalu melakukan bakti sosial ke panti asuhan, panti jompo, atau yayasanyayasan lainnya yang membutuhkan,” kata Edi. Wah, komunitas yang keren!

Rehdian khartika
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4800 seconds (0.1#10.140)