Makan Itu Menyenangkan

Selasa, 04 November 2014 - 16:28 WIB
Makan Itu Menyenangkan
Makan Itu Menyenangkan
A A A
Berburu makanan memang menjadi cerita yang tidak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Apalagi jika yang diburu adalah berbagai kuliner khas Indonesia. Berbekal hobi kulineran, komunitas Jajal Kuliner pun hobi menjelajah tiap daerah demi berburu makanan.

Komunitas ini berdiri sekitar 7 April 2007. Adalah Dhani Satyadharma, orang pertama yang mendirikan komunitas Jajal Kuliner. “Komunitas ini memang sengaja didirikan sebagai wadah untuk sharing mengenai kuliner. Karena begitu banyak yang memiliki hobi sama, akhirnya komunitas ini pun kian tumbuh,” tuturnya.

Hingga saat ini, jumlah anggota mereka sudah mencapai 3.600 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai Medan, Makassar, hingga Bali. “Kami selalu berbagi informasi mengenai jajanan kuliner yang enak melalui media sosial. Jadi, kami paling sering berinteraksi melalui Twitter,” kata Dhani.

Dhani berkisah, komunitas ini awalnya hanya beranggotakan dirinya dan beberapa rekannya. Lama kelamaan, ada keinginan untuk membentuk sebuah wadah yang menampung dirinya dan teman-temannya yang memiliki hobi sama, yaitu senang berwisata kuliner dan menjajal sesuatu yang baru. Tentu saja, salah satu tujuannya adalah melakukan aktivitas bersama yang bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam dunia kuliner Nusantara dan berbagai cita rasa masakan mancanegara.

“Awalnya kami memang suka sekali hobi makan dan karena adanya komunitas ini kami bisa menikmati sajian khas dari setiap daerah, dan sambil jalan-jalan untuk menikmati suasana yang ada di daerah tersebut. Enggak disangka yang tadinya hanya teman dekat satu kantor, lalu bisa menyebar ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia,” sebutnya.

Dalam kegiatannya, komunitas ini pun kerap mengadakan kopdar. Tentu saja, perhelatan itu sangat dinanti-nanti para anggotanya karena komunitas ini terbilang jarang sekali mengadakan jajal kuliner bersama ke berbagai wilayah.

“Kami punya kegiatan yang namanya Kopdar Nusantara yang kami adakan setiap 5 bulan sekali. Karena anggota kami kebanyakan para pekerja, jadi sulit untuk mengatur waktu yang pas. Terakhir kami baru saja mengadakan jajal kuliner ke Kota Surabaya yang memang terkenal kelezatan makanan olahan petisnya,” sebut Dhani.

Dhani menyebutkan, di setiap kopdar komunitas ini tidak pernah mematok harga yang mahal. Semua disesuaikan dengan akomodasi dan tempat yang akan dituju. Tertarik bergabung untuk bareng-bareng makan enak?

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8370 seconds (0.1#10.140)