Labuan Bajo Pesona Alam yang Menggoda

Rabu, 12 November 2014 - 07:05 WIB
Labuan Bajo Pesona Alam yang Menggoda
Labuan Bajo Pesona Alam yang Menggoda
A A A
FLORES - Datang ke Flores tidaklah lengkap rasanya jika tidak menikmati wisata laut perairan Flores di sekitar Labuan Bajo. Lautnya yang masih perawan sangat cocok untuk melakukan olahraga air seperti berenang, snorkeling dan menyelam, serta berjemur di tepi pantai salah satu pulaunya yakni pulau Bidadari.

Di antara berbagai gugusan pulau yang terdapat di wilayah Taman Nasional Komodo memang sudah banyak yang dijadikan sebagai resort bagi para wisatawan. Di daerah Labuan Bajo, ada banyak sekali pulau-pulau, diantara Pulau Kanawa dan Pu.

Labuan Bajo merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, kini menjadi magnet yang kuat dalam menyedot wisatawan, terutama dari mancanegara.

Kota itu menjadi pintu gerbang menuju habitat asli reptilia purba komodo (Varanus komodoensis), yang juga menjadi ikon dan kebanggaan Manggarai Barat. Labuan Bajo adalah sebuah pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat Pulau Flores. (Sumber. Indonesiatravel)

Jika anda berkesempatan mengunjungi Labuan Bajo, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan yaitu pastikan Anda membawa lotion anti nyamuk dan obat anti malaria, karena Labuan Bajo merupakan daerah endemis malaria.

Kemudian, jangan lupa membawa krim sunblock, topi, dan kacamata hitam, karena udara di sini sangat panas selama musim kemarau. Namun, Anda dapat membeli perlengkapan ini di supermarket di kota atau dari toko hotel.

Dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Komodo dan Flores, hotel berbintang semakin bertambah. Di Labuan Bajo Anda akan menemukan agen perjalanan, operator selam, perahu motor, liveaboards untuk membawa Anda ke Taman Nasional Komodo, atau pergi menyelam di perairan yang masih murni. Di Labuan Bajo Anda juga bisa menyewa mobil untuk membawa Anda berkunjung ke pedalaman Flores, Gunung Kelimutu dan Maumere.

Untuk berkeliling, dari Bandara Labuan Bajo Anda dapat menyewa mobil untuk berkunjung ke setiap tempat di daratan Flores. Tingkat harga tergantung pada negosiasi, saat ini harga yang ditawarkan berkisar Rp500.000,- per hari. Hotel juga dapat membantu Anda mendapatkan mobil sewaan.

Untuk mobilitas Anda dalam kota, bemo (angkutan umum tradisional) dan taksi motor yang tersedia, tetapi hanya beroperasi sampai jam 21.00 WIT.

Sedangkan untuk mencapai Labuan Bajo, pengunjung bisa menggunakan penerbangan TransNusa bekerja sama dengan Aviastar yang mengoperasikan penerbangan sebanyak dua kali setiap harinya dari Denpasar (Bali) ke Labuan Bajo, berangkat dari Bali pukul 08.00 dan tiba di Labuan Bajo 12.00 siang.

Bagamana Anda tertarik untuk menikmati keindahan Labuan Bajo? Siapkan diri Anda untuk berlibur ke destinasi wisata yang masuk Top 10 Regions Best in Travel 2015 ini.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5660 seconds (0.1#10.140)