Rencanakan Karier dengan Matang

Sabtu, 15 November 2014 - 13:10 WIB
Rencanakan Karier dengan Matang
Rencanakan Karier dengan Matang
A A A
Sebagian orang tidak lagi puas dengan hanya mendapatkan pekerjaan tetap. Mengerjakan pekerjaan yang sama selama bertahuntahun, tentu bisa membuat bosan. Sebaliknya kenaikan jabatan menjadi daya tarik tersendiri dengan memberikan tantangan-tantangan baru.

Sebagian orang ini biasanya telah merencanakan kariernya dengan matang. Mereka sudah memiliki target tertentu tiap jangka waktu tertentu. Mereka pun umumnya bekerja keras agar targettarget yang mereka tetapkan bisa tercapai. Lantas, bagaimana agar target bisa tercapai? Atau bagaimana caranya agar bisa merencanakan karier dengan matang, berikut panduannya.

Jangan pernah berhenti belajar

Terus belajar adalah kunci utama kesuksesan. Setiap orang berlomba-lomba mengeksplorasi perkembangan terbaru didunia yang terus berkembang.Pelajari terus perkembangan-perkembangan pengetahuan dan keterampilan baru bila Anda tidak ingin kalah bersaing dan menginginkan karier yang lebih baik.

Bertanya, dengarkan, dan pelajari

Seseorang yang banyak tahu adalah seorang pendengar yang baik. Tanyakan hal-hal menarik kepada rekan kerja dan atasan Anda. Mendengarkan pengalaman-pengalaman mereka dapat membantu Anda menetapkan langkah dan menyikapi sesuatu dengan lebih baik.

Lakukan pekerjaan dengan baik

Pekerjaan Anda adalah awal yang baik dalam memulai karier. Tidak ada satu hal yang datang begitu saja. Karier yang baik dimulai dari mengerjakan pekerjaan Anda dengan penuh tanggung jawab. Biarkan atasan Anda mengetahui apa yang dapat Anda lakukan dengan menawarkan bantuan saat dibutuhkan. Anda dapat menanyakan bantuan untuk mengembangkan karier jika Anda telah membuktikan diri sebagai karyawan berkualitas.

Bangun jaringan

Jaringan relasi sangat membantu meningkatkan karier. Lebih dari 50% pekerjaan diperoleh dari relasi. Anda akan mendapatkan banyak informasi berharga dengan menjalin relasi. Tak jarang informasi-informasi ini menuntun Anda menemukan peluangpeluang karier yang lebih baik. Perluaslah jaringan relasi dan jagalah relasi yang telah ada. Anda dapat menjaga relasi dengan menanyakan kabar, apa yang sedang dilakukan, dan perkembangan karier relasi Anda.

Kenali pekerjaan Anda

Kenalilah pekerjaan Anda dengan baik. Pelajari tugas apa yang penting untuk didahulukan, jangan hanya menerka tugas yang Anda anggap penting. Mengerjakan hal yang tidak penting akan membuang-buang waktu dan pikiran. Konsultasikan kepada atasan ketika Anda mendapat tugas baru. Tanyakan mana yang lebih penting untuk didahulukan. Sering kali Anda akan terkejut menemukan hal yang Anda anggap penting, ternyata sesungguhnya bukanlah suatu prioritas.

Kenali pekerjaan impian Anda dengan baik

Sebelum merencanakan karier, pastikan Anda sudah mengetahui pekerjaan apa yang Anda inginkan. Anda akan menikmati setiap pekerjaan yang diberikan bila Anda bekerja di bidang yang disukai. Bertanyalah kepada diri sendiri mengenai jenis pekerjaan apa yang membuat Anda senang. Apakah Anda suka bekerja dengan peralatan atau manusia? Apakah Anda suka mengatur orang? Atau apakah Anda ingin memiliki bisnis sendiri? Tetapkan tujuan sebelum memulai karier.

Persiapkan diri

Peluang pekerjaan impian Anda bisa datang kapan saja, bahkan mungkin besok. Persiapkanlah diri dengan baik, salah satunya dengan memperbarui CV secara berkala. Belajarlah mendeskripsikan diri dengan baik agar orang memandang Anda sebagai koin emas.

Pilih sarana yang tepat

Anda dapat membangun karier melalui berbagai sarana, mulai dari mengikuti pendidikan formal, membaca buku, hingga menonton video tutorial. Mengikuti pelatihan-pelatihan bersertifikasi sangat berharga bagi CV Anda. Namun, jangan lupakan pekerjaan Anda. Pekerjaan Anda sekarang adalah sumber paling berharga dalam membentuk keahlian baru.

Wujudkan impian

Letakkan impian Anda ke dalam langkah nyata. Jangan biarkan kesibukan menghalangi impian. Jangan menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak belajar lebih banyak, mencari pekerjaan yang lebih baik, dan membangun perusahaan sendiri. Anda akan selalu sibuk. Namun, jangan terjebak ke dalam rutinitas yang menguras energi. Gunakan energi tersebut untuk mewujudkan impian Anda.

Claudia carla/w3shool.com
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7085 seconds (0.1#10.140)