Mengatur Ulang Hunian

Senin, 17 November 2014 - 11:53 WIB
Mengatur Ulang Hunian
Mengatur Ulang Hunian
A A A
JIKA rumah Anda berantakan sehingga sulit menemukan dan mengambil suatu barang, berarti Anda menghadapi masalah penyimpanan. Kini saatnya menata dan mengatur ulang agar rumah lebih terlihat rapi.

Di tengah keasyikan belanja, pernahkah Anda memikirkan di mana tas atau baju itu akan disimpan? Sementara itu, Anda pun menyadari bahwa sering lupa dan kesulitan menemukannya ketika diperlukan karena tersebar di berbagai tempat.

Lalu, ketika sudah disimpan, Anda sulit mengambilnya karena tempatnya sulit diakses. Itulah masalah yang kerap dihadapi oleh pemilik rumah mungil berlahan terbatas, terlebih jika anggota keluarganya banyak. Setiap sudut ruang, dari lantai hingga langit-langit rumah terlihat semua, sehingga jika meletakkannya kacau dan berantakan akan terlihat ke seluruh ruangan.

Sebelum menentukan furnitur yang digunakan untuk menyimpan, sebaiknya tentukan dahulu jenis furnitur yang cocok. “Pemilihan furnitur sangat berkaitan dengan area atau tempat, waktu, dan desain barang tersebut,” ungkap desainer interior Nicky Septiani. Jika ingin cepat menggunakannya dan tidak memikirkan desain furnitur yang sesuai dengan bentuk ruang, Anda bisa langsung membelinya ditoko.

Sementarajika Anda ingin memiliki furnitur yang bentuk dan desainnya eksklusif sesuai bentuk ruang, builtin furniture (tanam) atau pesanan lebih cocok. “Nilai lebih dari furnitur builtin adalah bisa didesain multifungsi sehingga menjadi solusi masalah keterbatasan tempat. Misalnya bagian headboard bisa digunakan untuk menyimpan buku,” kata Nicky mencontohkan.

Namun, bila Anda kesulitan menemukan ruang kosong untuk tempat penyimpanan, jangan khawatir karena sebenarnya ruang-ruang yang ada bisa dimaksimalkan. Area di bawah tangga misalnya, bisa Anda buat sebagai rak buku, sepatu, atau mainan anak. Demikian juga ruang di kolong tempat tidur, bisa diisi laci untuk penyimpanan handuk, pakaian dalam, dan kaus kaki.

“Ruang di atas plafon juga bisa dijadikan ruang penyimpanan. Ruang ini bisa digunakan untuk menyimpan surat-surat yang tidak terlalu penting dan barang-barang kebutuhan jangka panjang, seperi kompor, tas kerja, dan koleksi dinner set yang tidak terlalu sering digunakan,” saran Nicky.

Anda jangan terjebak dengan anggapan bahwa semua barang yang perlu disimpan harus diletakkan dalam ruang yang tertutup rapat. Kenyataannya, beberapa barang justru akan lebih menarik dan mudah ditemukan jika disimpan secara terbuka atau dipajang. Misalnya tas pesta bisa disimpan secara terbuka karena memiliki bentuk dan warna yang sangat menarik.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8366 seconds (0.1#10.140)