Berselancar di Pantai Cimaja, Palabuhanratu

Rabu, 19 November 2014 - 15:08 WIB
Berselancar di Pantai Cimaja, Palabuhanratu
Berselancar di Pantai Cimaja, Palabuhanratu
A A A
SUKABUMI - Panorama pantai yang indah dan ombak yang besar membuat Pantai Cimaja, Pelabuhanratu menjadi tempat favorit bagi para peselancar. Banyak para Surfer mancanegara yang datang ke pantai ini. Di pantai ini juga sering diadakan event surfing tingkat nasional dan lokal.

Kontur pantai yang berbeda dengan pantai pada umumnya, menjadikan Pantai Cimaja sebagai objek wisata pantai sangat menarik untuk dikunjungi. Di sepanjang pantai berhiaskan bebatuan kali yang berbentuk bulat.

Jarak tempuh dari Jakarta ke Cimaja sekitar 120 kilometer dan dari Bandung mencapai 203 kilometer. Hampir setiap akhir pekan, antara Jumat hingga Minggu kawasan pantai ini selalu dipenuhi oleh peselancar dari luar negeri maupun nasional.

Tidak hanya masyarakat sekitar atau atlet asal Jakarta dan Bandung, tetapi juga ekspatriat yang bekerja di sejumlah kota besar di tanah air dan yang langsung datang dari luar negeri menjajal gelombang Cimaja ini. Hal ini pula yang menjadikan Cimaja mengantongi predikat Bali-nya Sukabumi.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan berselancar di Pantai Cimaja, bisa memperhatikan tips-tips berikut ini : Waspadalah terhadap arus yang kuat sepanjang bentangan garis pantai ini.
Selalu waspada terhadap kondisi pasang surut. Bebatuan pantai di sini juga sangat licin jadi berhati-hatilah.

Tidak ada layanan kereta api atau udara ke Palabuhanratu, jadi jika Anda tidak memiliki anggaran yang lebih, sebaiknya gunakan bis atau minibus yang rutin bolak-balik dari Jakarta ke Palabuhanratu baik melalui Bogor atau Sukabumi.

Jika Anda seorang pemula, tersedia kursus berselancar di Cimja dengan pengajar yang berpengalaman. Angin pantai biasanya dimulai sekitar pukul 11.00 dan 16.00. Jadi berselancar pada pagi dan sore hari sangat mungkin. Musim kemarau adalah yang terbaik kira-kira dari bulan April sampai Oktober.

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan. Dilarang mengenakan pakaian warna hijau, karena masyarakat sekitar masih meyakini roh Ratu Pantai Selatan.

Untuk sampai ke pantai yang terletak Desa Cimaja mudah dicapai dari Jakarta sekitar dua setengah jam dengan mobil, dengan mengambil jalan menuju Bogor, kemudian menuju Sukabumi dan Palabuhanratu. Setelah tiba di desa nelayan Cimaja, lanjutkan perjalanan melalui sawah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5419 seconds (0.1#10.140)