Gaya Dangdut Lucky 7

Jum'at, 28 November 2014 - 10:02 WIB
Gaya Dangdut Lucky 7
Gaya Dangdut Lucky 7
A A A
KONTESTAN Rising Star Indonesia hampir selalu berhasil menyanyikan lagu Barat. Demikian dengan lagu-lagu dari musisi kenamaan Indonesia. Namun, bagaimana ketika mereka ditantang menyanyikan lagu dangdut-Melayu?

Malam ini Rising Star Indonesiamemilih tema “Jodet”. Itu artinya 7 kontestan tersisa dituntut menyanyikan lagu dengan suara cengkok khas Melayu atau dangdut. Sementara, karakter vokal hampir semua kontestan tidak mempunyai cengkok.

Rata-rata genre vokalnya lebih ke pop, jazz, blues atau R&B. Namun, 7 peserta yang tergabung dalam Lucky 7 ini berusaha menaklukkan tantangan itu. Evony, Ghaitsa, Indah, Hanin, Sonny, Reyna, dan grup band Bluesmates siap menyanyikan lagu-lagu Melayu. Evony berlatih keras di Studio 9 RCTI, Jakarta Barat, Selasa (25/11) petang. Dia mengaku belum pernah menyanyikan lagu dangdut.

Ketika dapat tantangan itu, dia kaget. Namun, sebagai penyanyi, Evony harus bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya.“Pengalaman minggu lalu membuat perasaan aku deg-degan. Tapi namanya kompetisi sudah harus siap menang atau kalah dan siap pulang. Karenanya harus selalu menampilkan yang terbaik. Termasuk saat diminta nyanyiin lagu dangdut.

Memang saya sempat kaget, tapi tantangan ini untuk menguji musikalitas saya. Nanti saya berusaha menyanyikan lagu dangdut ala Evony,” kata Evony yang akan menyanyikan lagu Alamat Palsuyang dipopulerkan pedangdut Ayu Ting-Ting. Hanin yang kerap memperoleh vote tinggi dari penonton dan para expert pun mengaku kesulitan untuk bisa menyanyikan lagu dangdut.

Dia akan membawakan lagu Direject dan Hanin harus membuat lagu tersebut tidak seperti milik penyanyinya Jenita Janet, tapi menyanyikannya seperti gayanya selama ini. “Kendalanya itu tergantung kami. Kalau kami berpikir lagu Indonesia lebih sulit dari lagu Barat, pasti bakalan susah. Tapi kalau berpikir sama saja, pasti akan memberikan keyakinan pada kami saat membawakannya,” tutur kontestan termuda ini.

Begitu pula dengan Ghaitsa. Wanita cantik yang minggu lalu ada di posisi teratas dengan vote 92% ini harus giat berlatih. Dia mengaku tidak menguasai lagu Melayu atau dangdut. Namun, dia berusaha mempertahankan posisinya seperti minggu lalu. “Aku nothing to lose saja karena minggu ini temanya joget dan sekarang harus bisa membawakannya. Itu PR (pekerjaan rumah) banget sebenarnya,” ujarnya.

Ghaitsa akan menyanyikan lagu Shae berjudul Sayang. Lagu itu memang agak Melayu dan perempuan yang pandai bermain gitar ini akan membuat lagu tersebut lebih slow. Dia akan menyanyikan lagu tersebut dengan gayanya, termasuk memainkan gitar di atas panggung. “Sekarang aku masih mempersiapkan aransemennya. Aku masih cari mau dibuat seperti apa,” kata Ghaitsa yang ingin menjadi idola remaja ini.

Keyakinan untuk tampil lebih baik minggu ini diutarakan Indah Nevertari. Dia akan menyanyikan lagu dari penyanyi Malaysia, Siti Nurhaliza, berjudul Nirmala. Berbeda dengan peserta lain, perempuan berjilbab ini mengaku menyukai lagu Melayu, terutama yang akan dibawakannya nanti. Dia pun berharap masyarakat dan para expert suka dengan penampilannya sehingga bisa membuatnya berada di posisi puncak.

“Untuk minggu ini insya Allah lebih maksimal dari minggu lalu. Mudah-mudah bisa masuk posisi satu lagi agar tidak mengecewakan Ineversal (sebutan penggemar Indah),” katanya. Sony Saragih yang suaranya lebih ke musik classic slow rock ini akan menyanyikan lagu Yank milik band Wali. Lagu dengan irama Melayu itu akan dibuat ke dalam karakter vokalnya.

Dia berharap membuat sesuatu yang berbeda dari lagu yang sudah begitu populer tersebut. “Saya berusaha membuat lagu ini lebih bertenaga dan keras sesuai karakter suara rock yang saya punya,” kata Sonny.

Thomasmanggalla
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6163 seconds (0.1#10.140)