Grogi, Sonny Gagal Nyanyikan Lagu Dangdut

Senin, 01 Desember 2014 - 11:25 WIB
Grogi, Sonny Gagal Nyanyikan Lagu Dangdut
Grogi, Sonny Gagal Nyanyikan Lagu Dangdut
A A A
HAMPIR semua kontestan Rising Star Indonesia kesulitan menyanyilan lagu dangdut-Melayu. Namun, Sonny Saragih menjadi yang terbawah.

Penyanyi bergenre jazz, soul, dan RnB ini tidak mampu meyakinkan penggemarnya dan para expert di Rising Star Indonesia sehingga membuatnya tersingkir. Demikian dengan Bluesmates ketika melantunkan lagu Sakitnya Tuh di Sini yang dipopulerkan Cita Citata. Penampilannya bisa dibilang tidak sesukses minggu-minggu sebelumnya. Kendati demikian, band asal Surabaya ini masih terselamatkan di babak tambahan.

Sesuai ketentuan, dua terbawah diberi kesempatan untuk tampil dengan menyanyikan lagu yang mereka kuasai. Nilai tertinggi di antaranya berhak untuk lanjut ke babak berikutnya. Pada babak tambahan ini, Bluesmates dan Sonny menjadi yang terbawah. Sonny kemudian memilih lagu milik Scorpions berjudul Still Loving You. Sebetulnya para expert yang terdiri atas Bebi Romeo, Ahmad Dhani, Kevin Aprilio, dan Ayu TingTing memberi vote yes.Poin yang terkumpul 63%.

Hanya, Bluesmates yang menyanyikan lagu Hey Jude milik The Beatles tampil lebih baik. Lagu tersebut dibalut dengan ciri khas blues mereka. Hasilnya, band satu-satunya yang bertahan di Rising Star Indonesia ini masuk 6 besar. “Jujur, aku grogi banget tadi karena cukup sulit membawakan lagu dangdut. Tapi aku siap menerima konsekuensinya. Aku berterima kasih banget, semoga pengalaman di sini (Rising Star Indonesia) menjadi batu loncatan untuk karier bermusikku,” kata kontestan berdarah Batak ini.

Sebagian besar kontestan RSI memang tidak bisa menyanyikan lagu dangdut- Melayu lantaran menyanyikan dangdut itu harus punya cengkok. Sementara genre mereka lebih pop, jazz, dan blues. Dari 7 kontestan tersisa, hanya Indah yang mampu membuat para expert puas. Indah mampu menyanyikan lagu Nirmala dengan baik. Sampai-sampai, Ayu TingTing yang notabene penyanyi dangdut saja mengaku tidak berani untuk membawakan lagu tersebut karena cukup susah.

“Jujur, saya enggak berani bawa lagu itu. Susah banget. Tapi kamu bisa dan bagus,” katanya. Ahmad Dhani yang menyaksikan penampilan Indah begitu terpukau. Suaranya tidak hanya untuk lagu pop atau RnB, juga dangdut Melayu. Ketika perempuan berjilbab ini menyanyi, mengingatkan Dhani pada sosok pedangdut Ellya Kadam.

“Jadi, penyanyi itu memang harus serbabisa. Kamu menjadi kontestan yang paling berhasil menyanyikan dangdut- Melayu dibanding kontestan lain,” ujar Dhani. Bebi pun tidak bisa berkata apa-apa.

Dia pun menggunakan kata “rampok”, sebuah jargon yang sering dibawakan di ajang X Factor saat melihat penampilan memukau kontestan. Suami Meisya Siregar ini mengaku kata itu terpaksa dipakai di Rising Star Indonesia karena penampilan Indah yang apik. Meski kontestan lain tidak sebaik Indah, mereka memperlihatkan perjuangan yang tak pantang menyerah. Kontestan asal Yogyakarta, Reyna Qotrunnada menyanyikan lagu Buka Dikit Joss yang dipopulerkan oleh Juwita Bahar.

Lagu tersebut sedikit diberi sentuhan jazz, sesuai genrenya. Hasilnya, dia memperoleh vote88%. Demikian dengan Hanin yang membawakan lagu Direjectyang dipopulerkan Jenita Janet ini juga mendapat apresiasi expertdan penonton dengan vote91%.

“Kamu masih muda. Jadi, harus mencoba menyanyi lagu di luar genre kamu, termasuk menyanyi dangdut dan menyanyi dangdut itu enggak gampang. Permasalahannya, bisa apa enggak menyanyi dangdut. Itu saja,” kata pentolan Republik Cinta Manajemen (RCM) ini.

Thomasmanggalla
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7007 seconds (0.1#10.140)