Mengapa Sulit Sekali Membakar Lemak Tubuh?

Kamis, 04 Desember 2014 - 14:05 WIB
Mengapa Sulit Sekali Membakar Lemak Tubuh?
Mengapa Sulit Sekali Membakar Lemak Tubuh?
A A A
JAKARTA - Membentuk tubuh atau menghilangkan tumpukan lemak memang gampang-gampang susah. Ada sejumlah orang yang sudah berusaha mati-matian dengan diet ketat dan olahraga teratur tapi lemak masih melekat di badan.

Menurut sejumlah pakar, kunci menghilangkan lemak adalah memperbaiki metabolisme tubuh dan menambah massa otot. Seperti apa?

1. Perbanyak protein
Jika Anda ingin menambah massa otot di tubuh, Anda harus memastikan bahwa konsumsi protein Anda sudah cukup. Tuna adalah sumber protein yang bagus begitu juga yogurt, dada ayam, keju, kacang dan lentil.

2. Berlatih kekuatan secara serius
Banyak orang yang sering kali mengira latihan kekuatan tidaklah cukup penting terkait membakar lemak, tapi itu salah. Sementara lari tiap hari itu penting, latihan kekuatan adalah tipe olahraga disik yang menggunakan daya tolak untuk membangun ketahanan dan kekuatan dan juga membakar lemak. Pakar merekomendasilkan latihan kekuatan dua kali sepekan.

3. Hindari makan karena emosional
Kalau Anda serius mempertimbangkan diet, perkuatlah resolusi Anda dan konsisten. Berpikirlah bahwa jika Anda akan membiarkan diri makan makanan penutup tidak akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Makanlah ketika lapar dan bukan karena ada peluang. Dan, akuilah masa-masa ketika Anda menyerah untuk makan karena sedang emosi.

4. Tetap tantanglah tubuh Anda
Begitu Anda bertekad mencapai tujuan kebugaran fisik, penting bagi Anda untuk menulis rencana ini. Ini akan membantu Anda terpancang pada rencana yang telah disusun. Dan, jangan terpancang pada rutinitas yang sama tiap waktu. Susunlah teknik yang berbeda sehingga Anda tidak akan bosan. Cara ini juga akan membantu menantang tubuh Anda.

5. Tulislah sebuah jurnal makanan
Tulislah apa pun yang Anda makan dalam sebuah jurnal, tiap gigitan. Sering kali, orang tidak menyadari apa-apa yang mereka makan selama satu hari—segigit makanan siang teman kerja, sepotong cake, ngemil, meneguk cola saat bepergian—dan kemudian mengira-ira mengapa sulit sekali membakar lemak.

6. Jangan menahan lapar terlalu lama
Sementara tetap menjaga kalori yang dikonsumsi, jangan berlebihan dan membuat diri Anda kelaparan. Lebih sering Anda menghindari makanan, lebih banyak lemak yang akan tersimpan di dalam tubuh. Ini akan membuat seluruh latihan Anda untuk membakar lemak jadi sia-sia. Menahan lapar juga berarti memperlambat metabolisme tubuh.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7110 seconds (0.1#10.140)