Tips Mengurangi Efek Jet Lag

Selasa, 09 Desember 2014 - 14:35 WIB
Tips Mengurangi Efek Jet Lag
Tips Mengurangi Efek Jet Lag
A A A
JAKARTA - Jet lag adalah sebuah kondisi psikologis akibat perubahan ritme sirkadian tubuh yang berasal dari perjalanan transmeridian jarak jauh dengan pesawat terbang.

Kondisi ini bisa berlangsung selama berhari-hari sampai orang itu benar-benar beradaptasi dengan zona waktu baru.

Jet lag bisa mengacaukan liburan atau perjalanan Anda. Tapi ada sejumlah tips yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi efek kondisi ini.

1. Pastikan Anda benar-benar beristirahat sebelum melakukan perjalanan
Anda mungkin akan kehilangan waktu tidur saat bepergian, jadi Anda bisa memulainya di tempat yang baik. Tidak ada alasan untuk menambah kurang tidur akibat jet lag. Anda akan tahu Anda kurang tidur jika Anda sering kali tertidur dalam waktu lima menit setelah duduk.

2. Untuk perjalanan yang lebih panjang, ubah jam tubuh Anda beberapa waktu
Kalau Anda berencana berada di zona waktu baru untuk sementara, Anda bisa memulai proses perubahah itu bahkan sebelum meninggalkan rumah. Mulailah tidur dan bangun lebih cepat atau lambat, tergantung arah mana perjalanan Anda. Ubah paparan cahaya Anda sesuai kebutuhan. Carilah cahaya terang ketika tujuan Anda sedang berada pada waktu siang. Hindarilah ketika di sana sedang malam.

3. Minumlah banyak air di pesawat
Jet lag bukan satu-satunya alasan mengapa orang merasa buruk saat terbang—pesawatnya saja bisa memakan korban. Itulah mengapa banyak periset menyarankan minum banyak air sebelum dan selama penerbangan, berjalan-jalan saat penerbangan untuk memperbaiki sirkulasi darah dan jika mungkin minum aspirin sehari sebelum dan hari ketika Anda bepergian. Ini juga akan memperbaiki sirkulasi.

4. Ubah makanan dan olah raga
Sejumlah riset pada tikus memperlihatkan, makan menyebabkan perubahan level insulin, yang mempengaruhi jam tubuh. Jadi, cobalah ubah makanan Anda kemana pun Anda pergi. Perubahan yang sama juga bisa dilakukan pada olahraga.

5. Melatonin bisa membantu
Bepergian dari barat ke timur atau sebaliknya bisa membuat Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari karena tubuh Anda berpikir saat itu belum saatnya tidur. Kalau itu masalahnya, pertimbangkan mengonsumsi suplemen melatonin tepat sebelum tidur.

6. Hati-hati dengan kafein
Meskipun Anda bisa minum kopi atau soda agar terjaga, mengonsumsi kopi di siang hari bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7027 seconds (0.1#10.140)