Benjolan Kecil Tanda Awal Herpes Zoster Mata

Kamis, 11 Desember 2014 - 06:30 WIB
Benjolan Kecil Tanda Awal Herpes Zoster Mata
Benjolan Kecil Tanda Awal Herpes Zoster Mata
A A A
JAKARTA - Herpes Zoster yang melibatkan area sekitar mata disebut juga dengan herpes zoster oftalmika (HZO) adalah reaktivasi dari virus herpes zoster yang melibatkan cabang oftalmika dari saraf kranial V (N V.1). Gejala HZO biasanya diawali secara akut, timbul benjolan-benjolan kecil yang berisi cairan di sekitar mata.

Namun jika dilihat dari gambaran secara klinis, mata dapat mengalami kebengkakan.

"Gambaran klinis yang dapat terjadi pada mata adalah bengkaknya kelopak mata karena peradangan (blefaritis), mata bisa terlihat merah dan berair bila melibatkan konjungtiva, pasien akan merasakan rasa silau serta akan terjadi gangguan penglihatan jika selaput bening mata (kornea) juga terlibat," ujar konsultan infeksi imunologi Dept Mata FKUI-RSCM, dr.Lukman Edwar, SpM (K) di Jakarta saat seminar waspadai bahaya herpes zoster pada mata, Rabu (10/12/2014).

Lukman menambahkan, HZO sangat jarang terjadi mengenai jaringan di dalam mata. Namun apabila terjadi, harus segera mendapatkan pertolongan dokter mata.

"Penanganan segera bila Herpes Zoster melibatkan mata adalah meminta pertolongan dokter spesialis mata. Dokter spesialis mata dapat bekerja sama dengan beberapa spesialis anestesi jika ada rasa nyeri yang menetap di daerah sekitar mata atau kepala pada sisi yang terlibat," papar dia.

Sekedar informasi, apabila HZO melibatkan kornea (infeksi kornea) dapat menimbulkan gejala sisa berupa parut yang berwarna putih sehingga pasien akan mengeluh silau atau gangguan penglihatan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7385 seconds (0.1#10.140)