5 Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Daun Pepaya, dari Herpes hingga Diabetes

Jum'at, 08 September 2023 - 19:03 WIB
loading...
5 Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Daun Pepaya, dari Herpes hingga Diabetes
Daun pepaya memiliki khasiat untk menyembuhkan berbagai penyakit. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan daun pepaya . Daun ini sudah lama terkenal sebagai salah satu obat tradisional di Indonesia.

Tidak hanya dijadikan sebagai ekstrak obat, daun pepaya juga kerap digunakan sebagai bahan masakan.

Penggunaan daun pepaya sebagai obat-obatan karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun ini. Ada protein, serat, vitamin C, kalium, kalsium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan dalam daun pepaya.

Selain itu, daun pepaya juga punya kandungan seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, tanin dan steroid/triterpenoid. Tak heran bila daun yang sangat mudah ditemukan di wilayah tropis ini mampu untuk menyembuhkan dan mengatasi berbagai penyakit.



Berikut sejumlah penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun pepaya.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Daun Pepaya


1. Herpes


Dalam daun pepaya terkandung enzim papain yang dapat meredakan gejala herpes. Gejala yang dimaksud ini meliputi nyeri, kulit melepuh, hingga, neuralgia.

Efektivitas pemberian ekstrak daun pepaya untuk penyakit ini diklaim punya manfaat yang sama dengan acyclovir, yakni antivirus khusus herpes.

2. Mengatasi Sembelit


Daun pepaya memang dikenal baik untuk pencernaan karena kaya akan serat. Selain itu, adanya enzim papain juga turut membantu melancarkan saluran pencernaan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)