Pentingkah Mengenakan Cincin Kawin?

Jum'at, 12 Desember 2014 - 11:38 WIB
Pentingkah Mengenakan Cincin Kawin?
Pentingkah Mengenakan Cincin Kawin?
A A A
CINCIN kawin merupakan hal yang terpenting bagi seseorang yang telah menikah. Karena cincin kawin ini dianggap sebagai simbol cinta yang pasangan, seharusnya dipakai untuk seumur hidup. Biasanya cincin kawin yang dikenakan di jari manis tangan kiri seperti kebiasaan sebagian besar masyarakat barat.

Tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti kapan tradisi ini mengenakan cincin kawin dimulai. Menurut catatan, adanya pertukaran cincin kawin dimulai di Mesir sekitar 4.800 tahun yang lalu. Alang-alang yang memutar dan dikepang terlihat seperti cincin dan dikenakan pada jari sebagai ornamen dekoratif oleh perempuan. Kemudian orang-orang Romawi mengadopsi cara ini, tetapi dalam gaya mereka sendiri.

Pria yang mengaku seorang wanita akan hadir dengan sebuah cincin yang terbuat dari besi. Hal ini seharusnya menjadi simbol kekuatan dan permanen.

Bagi umat Kristen memasangkan cincin dalam upacara pemberkatan sudah menjadi tradisi. Sebenarnya seberapa pentingnya menggunakan cincin kawin, berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari Boldsky.com.

- Simbol
Lingkaran cincin kawin adalah simbol keabadian. Lingkaran adalah tak berujung. Ini diartikan tidak memiliki awal maupun akhir untuk itu. Ruang di atas cincin adalah pintu atau gerbang yang mengarah ke hal-hal dan peristiwa yang mungkin dikenal atau tidak dikenal. Ketika pria dan wanita saling memasangkansebuah cincin, sebagai perlambang tidak pernah berakhir, cinta abadi mereka satu sama lain.

- Tradisi
Melalui berbagai tahap sejarah, cincin kawin telah dipakai di jari yang berbeda. Menurut sejarah, tradisi mengenakan cincin kawin di sisi kiri di jari manis berasal dari Romawi. Hal ini karena diyakini bahwa vena dari jari tertentu yang dikenal sebagai 'Vena Amoris' terhubung langsung ke jantung.

- Tradisi dalam Agama Kristen
Dalam pernikahan Kristen, awalnya memiliki ritual mengenakan cincin di ke tiga atau jari tengah. Pastor kemudian membacakan doa saat pemasangan cincin itu berlangsung. Dengan demikian, pernikahan itu dianggap lengkap. Kemudian sebagai tradisi berubah, cincin itu akhirnya diselesaikan di jari manis tangan kiri. Dengan demikian, cincin kawin memegang tempat peran penting dalam tradisi Kristen dan seiring perkembangannya budaya lain juga menggunakan cincin dalam pernikahan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5786 seconds (0.1#10.140)