14 Cara Menjaga Keseimbangan Hidup

Sabtu, 13 Desember 2014 - 13:36 WIB
14 Cara Menjaga Keseimbangan Hidup
14 Cara Menjaga Keseimbangan Hidup
A A A
Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi merupakan tantangan besar. Anda harus pandai mengatur waktu agar tidak ada sisi kehidupan yang dikorbankan. Bagaimana cara mengaturnya?

Di tengah tuntutan hidup yang semakin berat, membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, teman-teman, dan waktu untuk aktualisasi diri memang bukan hal mudah. Jika tidak bisa membagi waktu dengan baik, seseorang bisa rentan terhadap stres, rasa tidak bahagia, bahkan penurunan produktivitas. Berikut ini ada tips untuk dapat menyeimbangkan berbagai sendi dalam kehidupan Anda.

Tentukan prioritas

Temukan apa yang menjadi prioritas dengan menanyakan kepada diri sendiri mengenai hal apa yang paling menjadi fokus Anda? Apakah pekerjaan, keluarga, atau hal lainnya? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah prioritas utama Anda. Selanjutnya, tentukan apa yang menjadi fokus berikutnya. Rumus ini berlaku juga saat Anda akan menyelesaikan pekerjaan. Tentukan prioritas, mana pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

Perhatikan waktu

Kurangi atau bahkan hilangkan membuang-buang waktu untuk hal yang tidak berhubungan dengan prioritas Anda.

Berkonsentrasi pada satu hal

Jangan menjadi multitasking. Anda tidak mungkin mengerjakan dua hal dalam waktu yang sama. Curahkan perhatian kepada satu tugas yang tengah dikerjakan. Fokuslah pada pekerjaan saat bekerja dan fokus pada keluarga saat menghabiskan waktu dengan keluarga.

Jadwalkan kegiatan yang Anda sukai setiap hari

Jadwalkan hal-hal sederhana yang Anda sukai, yang tidak memakan waktu, dan tidak butuh banyak uang. Sisihkan waktu Anda untuk membaca buku, jalan-jalan sore, atau waktu untuk diri sendiri.

Hargai waktu pribadi

Hargai waktu pribadi yang telah Anda jadwalkan, kecuali bila ada hal penting.

Perhatikan kebiasaan dan gaya hidup

Kurang tidur, kekurangan nutrisi, dan kurang olahraga dapat menghilangkan semangat Anda untuk mencapai keseimbangan hidup.

Liburan

Ambil cuti, minimal dua minggu untuk liburan. Tidak harus ke tempat yang sangat jauh dan menghabiskan banyak uang. Liburan dibutuhkan untuk mengembalikan semangat dan meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kebahagiaan. Matikan telepon genggam dan laptop serta nikmati liburan Anda.

Minta dukungan

Mintalah dukungan kepada atasan, keluarga, teman, kolega, dan siapa pun yang dapat membantu Anda mencapai keseimbangan hidup. Katakan apa yang menjadi rencana Anda dan minta mereka untuk menghormatinya.

Sewa jasa pelatih pribadi

Pelatih pribadi dapat menilai sejauh mana keseimbangan hidup Anda sekarang dan memberi tahu bagaimana cara mencapai keseimbangan hidup secara optimal.

Olahraga

Olahraga dapat mengurangi stres, menjernihkan pikiran, serta membuat diri Anda produktif dan semangat untuk bekerja dan menjalani hidup bersama keluarga atau pasangan.

Buat batasan

Kecanggihan teknologi dapat mengaburkan batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Matikan telepon genggam dan laptop saat Anda bersama keluarga serta mintalah keluarga dan teman untuk menghubungi hanya bila ada hal penting saat Anda bekerja.

Cari pembimbing

Temukan orang yang memiliki karier sukses dengan kehidupan pribadi yang luar biasa dan minta nasihatnya untuk mengembangkan karier, menentukan prioritas, dan mengatur waktu.

Belajarlah mengatakan tidak

Jangan membuat diri Anda kewalahan dengan menyetujui semua permintaan yang tidak sejalan dengan prioritas.

Evaluasi

Mencapai keseimbangan hidup adalah hal yang perlu dipelajari terus-menerus. Sisihkan waktu sebulan sekali untuk merefleksikan seberapa seimbang kehidupan Anda sekarang, keseimbangan hidup seperti apa yang Anda inginkan, dan bagaimana cara untuk mencapainya. Keseimbangan hidup akan membuat pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda menjadi optimal. Langkah-langkah tersebut dapat membantu Anda menemukan strategi untuk mencapai keseimbangan yang diinginkan.

Claudia carla/Salary
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0208 seconds (0.1#10.140)