Bagaimana Tubuh Melindungi Diri Sendiri?

Kamis, 18 Desember 2014 - 11:32 WIB
Bagaimana Tubuh Melindungi Diri Sendiri?
Bagaimana Tubuh Melindungi Diri Sendiri?
A A A
JIKA bintang laut berada dalam bahaya, ia dapat menumpahkan salah satu anggota tubuhnya dan tumbuh satu sama lain. Demikian pula, jika ekor kadal tertangkap di suatu tempat, dapat membangun kembali satu sama lain. Hal ini terjadi melalui proses yang disebut regenerasi, dan sebagian besar organisme hidup menunjukkan dalam beberapa bentuk yang lain.

Ketika hal itu dialami manusia, manusia tidak bisa tumbuh kembali lengan atau kaki jika sudah dipotong, tetapi tubuh manusia memiliki mekanisme alami yang membantu dan melindungi diri. Melalui proses regenerasi, tubuh manusia bisa melawan infeksi, memperlambat penuaan, memperbaiki protein yang rusak, enzim dan membunuh sel-sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh kita setiap hari.

- Kekebalan alami
Tubuh kita terus-menerus diserang oleh bakteri, virus dan parasit secara bersamaan terkena jutaan kimia, racun dan polutan lainnya. Tubuh manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk melindungi diri dari semua serangan ini, karena jika tidak akan mengalami sakit yang berkepanjangan.

Sebaliknya, apabila hanya sakit sekali-sekali, berarti kekebalan tubuhnya rendah. Ada beberapa faktor yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh sebagaimana dikutip dari healthmeup.com :
• Diet sehat
• Tidur yang cukup
• Kegiatan sehari-hari yang cukup
• Lingkungan Sehat (sinar matahari, udara segar, air bersih, dan lain-lain)

- Komponen imunitas
Ini adalah beberapa komponen dari sistem kekebalan tubuh antara lain:
• Kulit: Organ terbanyak dalam tubuh manusia, kulit adalah penghalang tubuh bagian luar, yang mencegah organ lain menyerang tubuh.

• Lendir: Bagian tubuh yang terbuka yang tidak dilindungi oleh kulit, seperti mulut, hidung, mata, dll memiliki selaput lendir. Membran ini mengeluarkan bahan kimia seperti lisozim dan C reaktif protein yang dapat membunuh agen menyerang.

• Cilia: Cilia adalah rambut halus yang melapisi bagian dalam dari sistem pernapasan. Mereka mendorong keluar kotoran dan polutan yang masuk ke sistem kami setiap kali kita hirup. Cilia sering bekerja sama dengan lendir, karena lendir perangkap polutan ini, kemudian silia sikat membantu mengeluarkan dengan sistemnya.

• Asam: perut dan beberapa organ tubuh lainnya, mengandung asam, untuk membunuh kuman yang masuk ke tubuh, baik melalui makanan atau melalui sumber-sumber lain.

• Sel darah putih: Sel darah putih adalah jalur utama pertahanan. Ada dua jenis sel darah putih: fagosit dan sel-sel pembunuh. Fagosit menelan dan menghancurkan sel-sel yang menyerang, sementara sel-sel pembunuh menghancurkan sel-sel tubuh sendiri yang telah terinfeksi oleh sel-sel menyerang.

• Peradangan: Bila bagian tertentu dari tubuh terluka, menjadi merah dan bengkak. Peradangan ini membantu penyembuhan yang cedera dengan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa memulai proses perbaikan dan penyembuhan.

• Antibodi: Antibodi mengenali sel yang menyerang dan mengikat diri mereka, sehingga fagosit dapat membunuh mereka. Awalnya hanya ada beberapa dari setiap jenis antibodi dalam sistem, tetapi ketika jenis tertentu penyerang diketahui, maka akan banyak antibodi yang diproduksi untuk melawan mereka. Setelah serangan itu, beberapa dari antibodi tetap berada dalam sistem Anda selamanya, sehingga jika virus tertentu menyerang Anda lagi maka tubuh Anda bisa melawan.

• T-sel: Sel-sel ini membantu antibodi, dengan menggunakan sistem sinyal kimia yang kompleks untuk memberitahu mereka apa yang harus dilakukan, dan mana jenis antibodi berfungsi menghasilkan untuk membunuh infeksi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4511 seconds (0.1#10.140)