Memilih Sang Juara

Jum'at, 19 Desember 2014 - 11:05 WIB
Memilih Sang Juara
Memilih Sang Juara
A A A
SIAPA yang layak menjadi juara Rising Star Indonesia, apakah Indah Nevertari, Ghaitsa Kenang, Hanin Dya, atau Bluesmates? Untuk membuktikannya, malam ini mereka akan bersaing menjadi pemenang.

Terkait penentuan pemenang, Rising Star Indonesiamemang berbeda dengan ajang pencarian bakat menyanyi, seperti Indonesian Idolatau X Factor. Pemilihan juara ditentukan saat kontestan masih 4 orang, bukan dua finalis. Operational Manager Production RCTI Fabian Dharmawan mengatakan, empat peserta akan bersaing dengan sistem gugur.

Dari 4 kontestan, siapa pun yang mendapatkan voteterendah, langsung tereliminasi. Kemudian tiga kontestan sisa lainnya akan kembali bersaing dan yang paling bawah, juga langsung tereliminasi. “Setelah mendapatkan dua yang tertinggi, di sinilah yang menarik. Mereka akan memperkenalkan single hasil kerja sama dengan label Warner Music Indonesia,” kata Fabian.

Dan siapa pun yang juara, singleyang telah dipilih oleh Warner akan langsung dikirim ke radio-radio. Kontestan juga mendapat kontrak rekaman senilai Rp1 miliar. Dalam hal ini, RCTImemang tidak main-main dengan ajang pencarian bakat bernyanyi Rising Star Indonesiaini. Apalagi talenta yang ada saat ini merupakan kontestan yang benar-benar bisa bersaing di dunia rekaman.

Mereka punya suara yang khas dan berkarakter. Ghaitsa mengaku berdebar-debar. Dia tidak menyangka bisa masuk babak grand final, setelah sebelumnya gagal bersinar di Indonesian Idol. Kegigihannya untuk menjadi kenamaan melalui ajang pencarian bakat patut diacungi jempol. Sama seperti Regina yang akhirnya menjadi jawara Idol 2012 setelah terus mencoba. “Aku banyak belajar dari ketidakberuntungan ikut audisi Indonesian Idoltahun lalu.

Dari pengalaman itu, aku mempunyai prinsip kalau mau mencapai sesuatu yang diinginkan itu perlu proses, perjuangan dan belajar karena untuk mencapai sukses itu enggak gampang,” sebutnya. Mahasiswi hukum semester 5 Universitas Tanjung Pura ini akan menyanyikan 4 lagu yang sesuai dengan karakternya, yakni lagu Fergie Big berjudul Girls Don’t Cry, Thinking Out Loudmilik Ed Sheran, Angelyang dipopulerkan Sarah Mclahan dan My Sunshine.

Demikian dengan Indah Nevertari. Dia kurang beruntung ketika bersaing di Indonesian Idol, meski selalu mencobanya sampai 4 kali mengikuti audisi. Dia pun akan memberikan yang terbaik malam ini. “Penampilan minggu lalu seolah memacu aku untuk tampil lebih baik lagi dan tentunya persiapan lebih serius lagi karena babak grand finalini semakin sulit,” kata perempuan berjilbab yang akan menyanyikan lagu milik Diana King berjudul Say Guy, Rihanna (Man Down), Maroon 5 (Animal) dan satu lagu yang masih dirahasiakannya.

Hanin Dya mengaku akan tampil habis-habisan. Perjuangannya selama akan mencapai pancaknya malam ini di babak grand final. Dia akan melantunkan lagu milik Queen berjudul Somebody To Love, Linda Ronstadt(Somewhere Out There), dan Celine Dion (When I Need You). Semua lagu tersebut tidak dinyanyikan asal, tetapi dengan strategi. Salah memilih lagu, bisa-bisa dia pulang lebih awal.

“Grand finalini sebuah pembuktian dan aku harus bisa buktikan kepada orang yang sudah menganggap remeh dan memandang sebelah mata,” ujarnya. Band asal Surabaya, Bluesmates, pun tidak mau kalah. Para personelnya ingin mencatatkan sejarah dengan tinta emas menjadi band pertama yang menjadi juara di ajang pencarian bakat.

Mereka menyadari, menjadi juara mengalahkan penyanyi solo bukanlah hal mudah. Akan tetapi, dengan tekad dan latihan keras serta tampil habis-habis, Novan dan kawan-kawan berharap mendapat simpati dan dukungan penonton.

“Kalau bicara persaingan grand final band dan solo itu sudah enggak bisa dibandingkan karena beda kategori. RSI ini lebih melihat siapa yang disukai penonton dan expertdan pencapaian kita sampai babak grand finalini menandakan kita cukup disukai masyarakat. Setelah ini, semoga masyarakat masih menyukai musik kita,” kata Rio.

Thomas Manggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0422 seconds (0.1#10.140)
pixels