Siap Hadapi Musik Dangdut dan Juri Kritis

Sabtu, 27 Desember 2014 - 14:27 WIB
Siap Hadapi Musik Dangdut dan Juri Kritis
Siap Hadapi Musik Dangdut dan Juri Kritis
A A A
Malam ini, Sabtu (27/12), musik dangdut akan hadir di panggung spektakuler Indonesian Idol Junior. Kejutan akan diberikan oleh para Junior melalui aransemen lagu yang berbeda.

Menyanyikan lagu pop dengan sentuhan dangdut akan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Menurut Produser Indonesian Idol JuniorMaartvi Jati Prastowo, tema dangdut akan menjadi sebuah keseruan tersendiri bagi para penonton. “Kami buat tema melalui gimmick aransemen di lagu supaya tidak bosan dengan jenis lagu yang itu-itu saja,” ujar pria yang akrab disapa Advi ini.

Masih menurut Advi, musik dangdut menjadi pilihan bukan semata karena juri tamu yang sudah dua kali hadir, yakni Iyeth Bustami. Saat menjadi juri, penyanyi dangdut Melayu ini sering berkomentar kritis terhadap para Junior. Segala kritikan Iyeth sempat menuai kontroversi.

Komentarnya yang pedas dan cenderung blak-blakan sempat menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Akun pribadi pelantun Laksmana Raja di Laut ini pun kebanjiran mention. Dia dinilai terlalu galak dan berkomentar terlalu pedas di depan para kontestan yang masih anak-anak. Ternyata dia punya alasan tersendiri atas sikapnya.

“Saya galak karena anak zaman sekarang ini banyak yang ngeyel . Ngomongnya lebih pintar dari kita. Seharusnya bisa dibedakan antara pedas dan tegas. Saya tegas supaya mereka bisa fokus. Saya komentar pedas juga untuk menguji mental mereka, sejauh apa mereka mampu menghadapi tantangan,” ucapnya.

Malamini, Iyeth juga masih akan duduk di bangku juri. Bukan hanya membuat para Junior tegang, Iyeth dianggap banyak memberi kritik membangun. Hal tersebut yang mendasari MNCTV untuk terus mengundang Iyeth Bustami kembali menemani Titi Dj, IrvNat, Daniel Mananta, dan Regina.

“Apa yang disampaikan Iyeth untuk kemajuan Junior. Penyampaiannya juga tidak terlalu teoritis, jadi gampang diterima oleh Junior. Dia juga tidak segan memuji Junior yang berpenampilan bagus,” kata Advi. Beberapa finalis, yaitu Rian, Jojo, Maria, dan Abigail menjadi para Junior yang dipuji Iyeth.

“Mereka punya talenta di atas standar rata-rata anak. Karakter vokal yang sudah mumpuni itu ada Rian, Jojo, Maria, dan Abigail. Abigail kemarin bagus, dia menyanyi dengan rileks. Selain itu, bernyanyi dengan suara falsetto kan tidak mudah,” ucap ibu dari tiga anak itu. Sejumlah kesulitan menjadi juri untuk kontes menyanyi anak-anak pun diakui Iyeth.

“Ya agak sulit jadi juri untuk anak-anak karena tidak mudah mencontohkan apa yang sebaiknya mereka lakukan. Sebab, mereka semua masih dalam proses pembentukan pita suara. Kesulitan lain ,misalnya standar saya buat menyanyi itu yang utama adalah pernapasan. Nah, rata-rata mereka belum menguasai itu. Melatih pernapasan harus secara khusus dan anak-anak seumur mereka sudah layak untuk latihan pernapasan,” tuturnya.

Para Junior yang sempat ketakutan pun perlahan mulai menyadari komentar Iyeth sangat baik untuk banyak evaluasi penampilan mereka. “Kami memberi arahan bahwa juri yang seperti itu merupakan bagiandari tantangan yang harus ditaklukkan. Membangun mental karena di luar sana ketika sudah beneran jadi penyanyi, pasti lebih keras komentarnya,” ujar Advi yang menyemangati para Junior.

Selain penampilan para Junior, malam ini Indonesian Idol Junior juga akan semakin meriah dengan kehadiran The Virgin. Para Junior akan berkolaborasi dengan The Virgin sebagai musisi yang pernah menjadi juri saat Box Audition di Medan dan berhasil menemukan Toper yang hingga kini masih bertahan di panggung spektakuler.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6151 seconds (0.1#10.140)