Nasihat Karier Dalam Film Liburan

Sabtu, 27 Desember 2014 - 15:07 WIB
Nasihat Karier Dalam Film Liburan
Nasihat Karier Dalam Film Liburan
A A A
Saat liburan seperti ini, biasanya banyak film diputar di televisi. Jika diperhatikan dengan benar, film-film populer tersebut ternyata menyimpan tips atau nasihat seputar karier yang bisa diterapkan dalam hidup Anda.

Apa saja film tersebut? Selain sebagai media hiburan, film kerap menyimpan pesan-pesan bijak untuk direnungkan atau untuk membantu kita memahami hidup. Tak terkecuali film-film ringan dan penuh humor yang biasanya diputar saat musim liburan tiba. Nah, berikut ini film-film yang mungkin saja bisa membantu Anda dalam melihat dunia karier.

Scrooged

Bill Murray memerankan pejabat eksekutif di sebuah stasiun televisi yang terobsesi dengan pekerjaan dan kurang ramah kepada rekan-rekan kerjanya. Dibutuhkan kunjungan dari beberapa hantu untuk membuatnya menyadari kesalahannya dan memulihkan kehidupan pribadinya. Pesan yang ingin disampaikan, yaitu seseorang tidak akan hidup bahagia jika tidak ada keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Juga untuk menghargai bawahan dan rekan kerja.

Elf

Meskipun hidup bahagia sebagai Elf di kutub utara, Buddy memilih untuk mengambil risiko dengan meninggalkan zona nyamannya demi mencoba sesuatu yang baru. Dalam lingkungan barunya, Buddy kerap melakukan tingkahtingkah lucu yang dapat menjadi contoh dalam beradaptasi.

Its a Wonderful Life

Bailey harus mengelola bisnis keluarga setelah ayahnya meninggal, sehingga tidak bisa meninggalkan kota yang awalnya ingin dia tinggalkan. Bailey memiliki bisnis penting, istri, anak, dan membuat lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik. Namun, dia sering sibuk pada hal-hal yang belum dia capai. Pesannya, pastikan Anda memiliki alasan yang kuat bila ingin mengubah karier, bukan karena bosan dengan rutinitas.

Home Alone

Kevin McAllister kekurangan peralatan dan pengalaman dalam membuat perangkap bagi pencuri yang datang ke rumahnya. Namun dengan menggunakan akal, dia berhasil melaluinya. Dalam pekerjaan juga harusnya kita menggunakan kecerdasan kita untuk menyelesaikan masalah. Film ini juga memberi pesan bahwa akan terdapat berbagai tantangan jika ingin mempertahankan sesuatu.

How the Grinch Stole Christmas

Grinch yang membenci dan senang mengacaukan Natal serta sering dicerca, akhirnya berubah menjadi baik sehingga dia bisa meningkatkan kemampuan dirinya. Memang sulit mengakui bahwa kita memiliki kesalahan atau menggunakan sistem yang tidak efektif, jika telah bekerja dalam satu pola yang sama bertahun-tahun. Namun, membuka diri untuk menerima pendapat akan membuat kualitas Anda semakin baik.

A Christmas Story

Ingat seorang anak yang menginginkan senapan laras panjang dan mengatakannya berkali-kali? Ketekunan adalah kunci dari segalanya. Bahkan dia membuat esai mengenai senapan laras panjang dan memintanya kepada Santa. Dia tidak mau menerima penolakan sehingga akhirnya dia berhasil mendapatkan yang diinginkan.

Film ini mengajarkan kita untuk berhatihati dengan apa yang kita dapat dan tekun untuk mendapatkan yang kita inginkan. Namun, dalam pekerjaan, pikirkan lagi untuk mengambil promosi jika Anda tidak sungguh-sungguh tertarik dengan posisi yang ditawarkan.

Frosty the Snowman

Pekerjaan Frosty hanya datang pada musim dingin, yang artinya dia harus menyelesaikan pekerjaannya dalam waktu terbatas dan mendapat gaji yang cukup. Hal ini sama dengan merefleksikan performa dan menegosiasikan gaji. Akhir tahun adalah waktu saat banyak orang mengevaluasi dirinya dan meminta kenaikan gaji.

Christmas Vacation

Melihat aksi Clark W Griswold memberikan kita pemahaman bahwa kinerja dan tingkat gaji sangat berhubungan. Contohnya, mencari pengakuan akan hasil kerja dan menjalin komunikasi dengan atasan adalah hal yang baik. Griswold dengan sukarela membuatkan pidato untuk atasannya merupakan salah satu contoh dari menjalin komunikasi dengan atasan. Namun, jangan teruskan upaya negosiasi gaji Anda, bila Anda harus bersikap seolah menjilat atasan.

Rudolph the REDNosed Reindeer

Rudolph diejek karena terlihat berbeda dengan hidung merahnya. Namun, Rudolph yang sering di posisi terbelakang berhasil mengubah kekurangannya menjadi suatu kekuatan. Anda pun bisa meniru langkah ini.

Claudia carla/salary
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8145 seconds (0.1#10.140)