Kumpul Arisan demi Pertemanan

Selasa, 06 Januari 2015 - 09:55 WIB
Kumpul Arisan demi Pertemanan
Kumpul Arisan demi Pertemanan
A A A
Arisan adalah kegiatan bulanan yang identik dengan para perempuan. Beberapa alasan mereka mengadakan arisan merupakan medium perekat pertemanan dan bukan sekadar sistem transaksi uang.

Begitu juga yang menjadi dasar terbentuknya Komunitas Arisan Lovely. Menjalin pertemanan, baik yang sudah berlangsung lama maupun yang baru berkenalan, tidak ada salahnya dipererat dengan kegiatan rutin seperti mengadakan arisan. Lovely pun demikian.

Berawal dari kumpulan teman-teman dekat dalam satu organisasi dan kegiatan sosial, lalu mereka mengajak teman-teman lainnya untuk bergabung. Akhirnya, pada awal 2012 arisan Lovely untuk pertama kalinya berjalan dengan mengumpulkan sebanyak 26 anggota. Kegiatan utama dari arisan adalah pengundian yang dilakukan satu bulan sekali.

Namun, karena banyaknya anggota yang ikut, Lovely menentukan dua pemenang setiap bulan sehingga arisan Lovely periode pertama memakan waktu selama 13 bulan. Saat ini, Komunitas Arisan Lovely sudah memasuki periode kedua. Asteria Ilvirawati atau yang akrab disapa Vira sebagai bendahara arisan menjelaskan, antusiasme para anggota untuk melanjutkan arisan ini sangatlah besar.

“Jadi, kita adakan kembali acara arisan ini. Bahkan pada periode kedua anggota kita bertambah menjadi 30 orang,” ungkapnya. Komunitas ini lebih sering mengadakan pertemuan arisan di luar rumah, namun di beberapa kesempatan mereka mengadakan pertemuan di sebuah acara.

Contohnya, pada pengundian Desember 2014 Lovely diundang pada perayaan HUT MNC Shop yang kedua di Altitude Plaza Indonesia. Lovely juga pernah mengadakan pengundian di rumah anggota arisan, terutama jika ada anggota yang berulang tahun. “Di rumah biasanya di tempat anggota yang berulang tahun jika di luar biasanya join dengan kegiatan,” ujar Vira.

Vira pun menambahkan, kegiatan Lovely tidak hanya kumpul untuk urusan arisan. Namun, mereka mengadakan kegiatan bakti sosial sebagai aksi kepedulian komunitas kepada sesama. Kegiatan sosial yang pernah dilakukan Lovely beragam, di antaranya memberikan bantuan kepada korban banjir, berbagi kepada anak yatimpiatu, serta panti jompo.

“Kegiatan sosial yang sudah pernah dilakukan biasanya acara keagamaan, seperti saat Ramadan dan Natal,” kata Vira. Maka dari itu, Arisan Lovely tidak terhenti hanya pada satu periode. Namun, mereka juga akan meneruskan acara bulanan ini tanpa batasan waktu. Banyak kegiatan bermanfaat yang dapat mereka lakukan, selain transaksi uang.

Harapan Vira, kegiatan-kegiatan bermanfaat yang telah terselenggara juga akan tetap terus berlanjut.

“Kita dapat berperan serta dalam kegiatan sosial yang mungkin dibutuhkan. Harapannya, kita bisa digandeng dari pihak luar ataupun media karena kita kumpul bukan untuk bersenang-senang, tapi kita ini kumpul dengan hati,” tutupnya.

Balqis eghnia n
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7486 seconds (0.1#10.140)