Bintang Ajang Pencarian Bakat

Selasa, 06 Januari 2015 - 11:56 WIB
Bintang Ajang Pencarian Bakat
Bintang Ajang Pencarian Bakat
A A A
MENJAMURNYA ajang pencarian bakat di stasiun televisi telah membuka jalan dan peluang bagi mereka yang mengembangkan talenta, khususnya di bidang tarik suara.

Kompetisi menyanyi ini sekaligus menjadi wadah promosi bagi penyanyi pendatang baru untuk mengarungi industri musik Tanah Air. Indah Nevertari yang sukses menjuarai Rising Star Indonesia menjadi salah satu penyanyi yang siap bersaing dengan penyanyi Indonesia lainnya.

Modalnya, perempuan berhijab ini sudah mempunyai single berjudul Come N Love Me. Dengan lagu tersebut, diperkirakan karier Indah akan cepat melesat, sama seperti ajang Indonesian Idol yang belum lama ini mempopulerkan Nowela, Husein, dan Virzha. Demikian dengan ajang X Factor yang mengangkat nama Fatin dan Novita Dewi di industri musik Indonesia.

Sementara Hanin Dya yang menempati posisi runner up Rising Star Indonesia , juga mempunyai kesempatan yang sama untuk populer. Pasalnya perempuan yang baru berusia 13 tahun ini juga mempunyai single, judulnya Yang Terbaik . Lagu yang dimilikinya ini sesuai dengan karakter vokalnya, sedikit slow dan easy listening sehingga orang mudah menghafal dan menikmati irama lagu tersebut.

Operational Manager Production RCTI Fabian Dharmawan mengatakan, RCTI sebagai penyelenggara Rising Star Indonesia tidak menganggap kompetisi menyanyi tersebut sebagai lomba atau hiburan semata. Namun, televisi swasta pertama di Indonesia ini memberi ruang bagi talenta muda untuk bersinar sehingga lulusan ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia benar-benar bisa bersaing di dunia rekaman dan tarik suara.

Salah satu keseriusan RCTI atas keberlangsungan karier alumnus Rising Star Indonesia ini dengan menggandeng label papan atas Warner Music Indonesia. Indah yang menjadi pemenang diberi single dan promo ke berbagai radio. Total kontrak rekaman dan promo senilai Rp1 miliar.

“Hanya dua kontestan yang kami prioritaskan. Namun, kami juga akan bikin album kompilasi untuk 14 kontestan. Jadi, sebenarnya kami tidak melewatkan siapa pun. Kami sudah merekam lebih dari 10 single, tapi memang prioritasnya itu juara dengan kontrak Rp1 miliar. Bisa juga seperti Virzha yang juara 3, tanpa menunggu giliran, dia bisa eksis dan langsung dapat single ,” kata Fabian.

Selain mempersiapkan album kompilasi, 14 finalis secara otomatis tergabung dalam manajemen Star Media Nusantara (SMN), wadah yang menangani talenta terbaik jebolan ajang talent search yang ada di RCTI . Tidak saja Indonesian Idol, X Factor Indonesia, atau Rising Star, ada juga Idola Cilik .

“Banyak di antara mereka yang sukses, seperti Delon, Judika, Mike, dan Citra. Ada juga Rini yang akan mengeluarkan album solo terbaru lagi. Sementara Fatin dan Mika dengan band The Overtunes, menjadi penyanyi yang disukai remaja Indonesia. Mereka itu mampu membuktikan diri dengan dukungan dan kerja keras,” ungkapnya.

Pemerhati musik Andre Sumual mengatakan, ajang pencarian bakat menjadi sarana bagi anak muda untuk meniti karier. Seorang penyanyi yang lahir dari pencarian bakat, dinilai justru harus bisa membuktikan sebagai penyanyi yang sesungguhnya di industri.

“Setelah menjadi juara dan lepas dari ajang pencarian bakat, di situlah dimulai persaingan sesungguhnya. Diawali dengan merilis materi, baik single maupun album. Memang pada kenyataannya banyak yang berguguran terkena seleksi alam yang ketat di industri musik, tetapi tidak sedikit yang berhasil,” sebutnya.

Andre melihat Indonesian Idol menjadi fakta yang mampu melahirkan penyanyi berbakat. Nama Citra Scholastika, Judika, Rini, Mike Mohede, atau Regina misalnya, menjadi contoh bagi penyanyi jebolan ajang pencarian bakat yang berhasil bersaing dengan penyanyi di Tanah Air. Untuk bersaing di industri, para jebolan ajang pencarian bakat menyanyi ini tidak harus menjadi juara. Namun, mereka berjuang keras untuk bisa bersaing. Tekad dan semangat itu yang dibutuhkan agar bisa sukses di industri musik yang sebenarnya.

“Jadi, bagaimana ketekunan dan kerja keras si kontestan untuk bisa eksis dan berkembang di industri musik Tanah Air dan saya pikir, RCTI dengan manajemen talent yang dimiliki tentunya bisa mendorong talent binaannya untuk bersaing. Tinggal bagaimana si penyanyi tersebut mau bekerja keras atau tidak,” paparnya.

Thomasmanggalla
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5724 seconds (0.1#10.140)
pixels