Olahraga untuk Penderita Diabetes

Rabu, 07 Januari 2015 - 07:45 WIB
Olahraga untuk Penderita Diabetes
Olahraga untuk Penderita Diabetes
A A A
BANYAK yang bertanya mengenai penderita diabetes boleh berolahraga atau tidak. Banyak penelitian yang menunjukkan manfaat berolahraga secara teratur untuk penderita diabetes.

Studi menunjukkan olahraga teratur, termasuk rajin berjalan kaki dapat memperbaiki kontrol kadar gula darah. Sedangkan, manfaat lainnya adalah, olahraga teratur dapat menurunkan berat badan Anda dan mencegah perut buncit, serta menurunkan risiko sakit jantung. Berikut olahraga untuk penderita Diabetes, dilansir dari Diabetesmelitus.org.

1. Aerobik
Aerobik dapat membuat jantung dan tulang Anda menjadi kuat. Mengurangi stress dan mengingkatkan aliran darah. Aerobik juga dapat menurunkan resiko DM tipe 2. Lakukan latihan aerobik selama 30 menit minimal lima kali dakan seminggu.

Namun bagi Anda yang belum terbiasa berolahraga, Anda dapat melakukan 5-10 menit sehari dan tingkatkan secara bertahap setiap minggu. Selain berolahraga aerobik, Anda dapat berjalan cepat, berdansa, berenang, bersepeda dan mendayung.

2. Angkat beban
Latihan angkat beban dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Tidak hanya itu, angkat beban juga dapat membakar lemak serta menjaga kepadatan tulang Anda. Anda dapat melakukan latihan beban 2-3 kali dalam seminggu.

3. Peregangan

Untuk mencegah kram otot, kaku dan cedera otot, Anda dapat melakukannya dengan peregangan. Beberapa jenis latihan fleksibel seperti yoga dan tai chi yang meibatkan meditasi dan teknik bernapas dapat mengurangi stres. Peregangan dapat Anda lakukan selama 5-10 menit sebelum berolah raga dan lakukan lagi setelah berolah raga.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3689 seconds (0.1#10.140)