Cara Sederhana Kurangi Konsumsi Garam

Selasa, 13 Januari 2015 - 06:04 WIB
Cara Sederhana Kurangi Konsumsi Garam
Cara Sederhana Kurangi Konsumsi Garam
A A A
BERHATI-hatilah bagi Anda yang suka makanan asin. Garam dapat menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Berlebihan mengkonsumi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan berujung seperti stroke. Bagi Anda yang memiliki darah tinggi, tidak disarankan untuk mengkonsumsi garam dalam jumlah banyak.

Karena, mengkonsumsi garam tinggi dalam jumlah waktu yang panjang dapat meningkatkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan stroke. Tekanan darah tinggi juga dapat merusak ginjal, sehingga fungsi ginjal tidak berjalan dengan baik

Beberapa bahaya lainnya yang ditimbulkan dari garam adalah penyakit jantung koroner, kanker perut, osteoporosis, obesitas, batu ginjal, demensia vaskular dan asma. Nah berikut, cara sederhana kurangi konsumsi garam yang dilansir dari Boldsky.

1. Makan makanan segar
Makanlah makanan yang segar dan hindari makanan olahan atau makanan yang diawetkan. Selain mengandung garam, makanan olahan mengandung gula dan bahan pengawet yang berbahaya untuk kesehatan Anda. Makan makanan segar, dapat membantu Anda untuk menurunkan asupan garam.

2. Bijak memilih makanan
Makanan yang disimpan dalam kaleng umumnya telah diawetkan, dan bahan pengawet yang digunakan adalah garam. Memilih makanan sehat adalah salah satu cara bagaimana menurunkan asupan garam.

3. Tambahkan garam saat makan
Penting untuk memperhatikan waktu Anda saat menambahkan garam pada masakan. Faktanya, bila Anda menambahkan garam saat memasak, maka garam yang digunakan akan lebih banyak. Namun, jika Anda menambahkan garam saat hendak makan, maka Anda akan menggunakan secukupnya sesuai selera Anda.

4. Takar
Menakar garam yang akan ditambahkan pada masakan Anda, merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi asupan garam. Anda dapat menggunakan garam secara bertahap untuk mengurangi asupan berlebih.

5. Panggang
Alangkah baiknya jika makanan Anda dipanggang. Karena dengan cara ini rasa manis sayur lebih bertahan dibanding ditumis atau direbus, dengan demikian Anda tidak perlu menambahkan garam kembali.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8682 seconds (0.1#10.140)