Memilih Musisi Terdahsyat

Rabu, 14 Januari 2015 - 11:35 WIB
Memilih Musisi Terdahsyat
Memilih Musisi Terdahsyat
A A A
Siapa musisi yang berhasil mendapat perhatian masyarakat pada tahun ini? Memang tidak mudah menentukannya karena banyak di antara mereka berhasil menelurkan single atau album yang disukai masyarakat.

Namun, ajang penghargaan ke-7 Dahsyatnya Awards telah mengklasifikasikan 18 kategori untuk dipilih menjadi musisi terdahsyat. Siapa saja? Untuk kategori Lagu Terdahsyat, misalnya, musisi yang masuk nominasi merupakan penyanyi atau band yang tengah digandrungi. Sebut saja RAN yang sukses dengan lagu Dekat di Hati. Lagu ini akan bersaing dengan Esok Kan Bahagia (d’Masiv), Gajah (Tulus), Katakan Tidak (Afgan), Kaulah Kamuku (Fatin feat Overtunes), Kuasamu (BCL), LDR (Raisa), dan Selimut Tetangga (Repvblik).

Adapun kategori penyanyi Solo Wanita Terdahsyat , para wanita cantik bersuara merdu yang bersaing, yakni Andien, Angel Pieters, Bunga Citra Lestari, Citra Scholastika, Fatin, Gita Gutawa, Maudy Ayunda, Raisa, dan Syahrini. Sementara, penyanyi yang masuk kategori penyanyi Solo Pria Terdahsyat, yakni Afgan, Ari Lasso, Judika, Petra Sihombing, Sammy Simorangkir, dan Tulus.

Kategori lainnya yang juga membuat banyak orang penasaran adalah Band Terdahsyat . Mereka yang bersaing di kategori ini adalah Armada , Ada Band, Geisha, Kotak, Mahadewa, Malique & The Essentials, Repvblik, SID, Wali, dan Yovie and The Nuno. “Setiap tahunnya ajang Dahsyatnya Awards selalu memberikan sesuatu kejutan yang luar biasa.

Tahun ini kami membagi 18 kategori dan syarat bagi musisi maupun band untuk bisa masuk nominasi. Tentunya musisi atau band yang tampil di acara Dahsyat, populer, masuk chart di Dahsyat selama setahun meskipun tidak harus nomor 1 ataupun 5 besar di posisi chart tersebut, data rating dan share , juga diskusi panjang dengan berbagai pihak, termasuk juri,” tutur Jahja Imanuel Rianto, Executive Produser RCTI, seusai acara pengumuman nominasi Dahsyatnya Awards di Studio 1 RCTI, Kebon Jeruk Jakarta, Senin (12/1).

Tahun ini acara akan disiarkan langsung RCTI dari Istora Senayan pada Jumat (23/1) mendatang dengan konsep yang berbeda. Untuk kategori misalnya, sekarang hanya membagi 18 kategori dari 22 kategori pada tahun sebelumnya. Menurut Jahja Imanuel Rianto atau akrab disapa Opa, di ajang ini ada nominasi yang hilang dan ditambahkan. Kategori yangditambah ini adalah duet kolaborasi.

Hal itu disesuaikan dengan fenomena sepanjang 2014, yakni banyak pasangan dan musisi yang berduet, seperti Anang-Ashanty, Armand Maulana-Dewi Gita, Mulan dan Mike Mohede, Syahrini dan Marully. Sementara, kategori yang hilang, seperti girlband dan boyband. Pasalnya sepanjang 2014 kategori itu mengalami penurunan. Hanya beberapa girlband dan boyband yang masih bertahan dan rutin tampil di Dahsyat.

“Untuk menghindari penilaian yang tidak fair, makanya kategori ini ditiadakan, termasuk juga kategori Kota Terdahsyat, Penonton Terdahsyat, dan Dahsyatnya Indonesia,” ujar Opa. Opa menyebutkan, ada 3 kategori dinilai tim juri yang diisi oleh orang yang berkompeten di bidangnya, yakni Videoklip Terdahsyat, Sutradara Video klip Terdahsyat, dan Model Video Klip Terdahsyat.

Hal itu untuk menjamin objektivitas penilaian. Mereka yang menjadi tim juri, yakni sutradara Upie Guava, pengamat musik Adib Hidayat, John Fair dari RCTI , penyanyi Andien, dan fotografer Jerry Aurum. Band Armada yang masuk nominasi Band Terdahsyat mengaku senang. Alasannya, ajang penghargaan itu tidak hanya sekadar simbol, juga memiliki tempat tersendiri. Rizal, vokalis Armada, mengaku kelompok musiknya bisa di posisi sekarang ini juga berkat bantuan Dahsyat.

“Kami bangga bisa tampil di Dahsyat karena popularitas kami naik dan dikenal banyak orang. Kami senang dapat nominasi dan apresiasi dari Dahsyat,” kata Rizal. Namun, untuk bisa menang, mereka harus mengalahkan band yang juga tengah naik daun. Karena itu, Rizal dan kawan-kawan tidak terlalu berpikir untuk bisa menang.

“Kalah menang itu urusan biasa, tetapi masuk nominasi itu bukan hal gampang dan yang pasti kami senang bisa masuk nominasi karena saingan band lain juga bagus-bagus,” katanya. Sementara itu, host Dahsyat Raffi Ahmad mengaku senang selama 7 tahun menjadi bagian dari Dahysat . Apalagi namanya kembali masuk nominasi untuk kategori Pasangan Terdahsyat. “Terima kasih untuk kebersamaan di Dahsyat selama ini dan mudah-mudahan saja bisa kepilih lagi sebagai Pasangan Terdahsyat. Amin,” kata Raffi.

Thomasmanggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3395 seconds (0.1#10.140)