Film Hijab Tayang Serentak Hari Ini

Kamis, 15 Januari 2015 - 10:02 WIB
Film Hijab Tayang Serentak Hari Ini
Film Hijab Tayang Serentak Hari Ini
A A A
Sutradara Hanung Bramantyo kembali merilis film terbaru berjudul Hijab. Film yang mengupas fenomena hijab, baik dari segi agama, bisnis, fashion, maupun gaya hidup ini tayang secara serentak hari ini.

Dua hari sebelum penayangan, tepatnya pada Selasa (13/1) digelar gala premier film Hijab di XXI Epicentrum. Produser, sutradara, seluruh pemain, dan kru film Hijab tampak hadir dalam acara tersebut. Acara ini berlangsung cukup meriah. Suasana semakin riuh oleh teriakan penonton ketika satu per satu pemain, sutradara, dan produser berdatangan ke acara melewati karpet merah (red carpet ).

Hijab merupakan film pertama produksi Dapur Film yang untuk pertama kali menempatkan nama Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo sebagai produser film ini. Dalam jumpa pers di sela-sela gala premier film ini, baik Hanung maupun Zaskia mengaku mengalami perbedaan pendapat, diskusi, dan debat yang panjang untuk menghasilkan film ini.

Hal itulah yang benar-benar dirasakan Zaskia Adya Mecca saat memproduksi film yang berkongsi dengan suaminya ini. ”Ya benar-benar beberapa bulan ini ribet dan kaya drama banget deh sama Mas Hanung. Sama-sama tegang juga kali ya, karena ini juga pertama kalinya Mas Hanung bikin film dengan biaya sendiri,” kata Zaskia.

Di film ini Zaskia selain sebagai pemain juga menjadi produser. Sementara Hanung, suaminya, selain sebagai produser juga merangkap sutradara. Menurut Zaskia, berbagai ketegangan saat membuat film itu adalah hal yang wajar saja. ”Dia kan biasanya bebannya hanya bagaimana membuat film yang bagus. Nah, sekarang beban bertambah karena dia juga bisa menggaet penonton untuk menonton film ini,” kata perempuan yang punya line fashion Meccanism ini.

Zaskia mengaku tak kalah tegang di detik-detik peluncuran film ini. ”Tapi setelah screening terakhir kami samasama puas dengan hasilnya. Tinggal seminggu ke depan lagi kami masih akan merasakan ketegangan ini,” katanya yang diamini suami. Hanung Bramantyo menuturkan, dia sebisa mungkin membuatnya dengan ringan dan tidak menjadikan film tersebut sebagai film religius.

”Selama ini film religius belum ada yang mengangkat hijab di luar sisi keagamaan. Contohnya dari segi fashion , tanpa disadari hijab sudah menjadi pengganti konde dan sanggul sebagai aksesori kepala bagi perempuan. Dalam film ini saya mencoba mengangkatnya dari sisi yang lain,” ujar Hanung Bramantyo kepada KORAN SINDO, ditemui seusai jumpa pers screening film Hijab di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan. Hanung mengatakan, kisah dalam film ini selain mengangkat sisi Islam populer, juga soal bisnis.

”Ini pilihan personal bagi perempuan dan alasannya ber-hijab juga personal,” kata alumnus Institut Kesenian Jakarta ini. Eksekutif Produser Film Hijab Alim Sugiantoro mengatakan, hadirnya film ini diharapkan mampu membangkitkan perfilman nasional dengan balutan cerita yang ringan dan apik. Pria yang juga menjabat sebagai Executive Produser Ampuh Entertainment ini mengatakan, Hanung itu anak bangsa yang berbakat di bidang perfilman.

”Saya sangat respon dengan ide dia membuat film. Niat kami membuat film perdana ini untuk membangkitkan nasionalisme rakyat agar cinta film-film Indonesia. Jadi, saya gandeng sutradara muda berbakat karena persamaan pikiran dan idenya,” kata Alim. Film pertama karya rumah produksi Dapur Film dan bekerja sama dengan Ampuh Entertainment dan didukung oleh MVP Pictures ini bercerita mengenai persahabatan empat perempuan.

Bia, Tata, dan Sari adalah perempuan bersuami dan berjilbab dengan gaya yang berbeda-beda. Hanya Anin yang memilih untuk bebas, tidak berjilbab sekaligus tidak mau menikah. Seperti halnya Anin, awalnya Bia, Tata, dan Sari sebelum menikah adalah perempuan mandiri. Namun kini menjadi istri yang ”ikut suami” dan berada dalam kondisi tidak berdaya dengan pilihannya sendiri.

Saat arisan bersama, Gamal (Suami Sari) menyindir bahwa arisan ini sebenarnya ”arisan suami” karena uangnya berasal dari para suami. Tata terusik dan mengajak sahabatnya untuk kembali menjadi perempuan mandiri. Diam-diam mereka memulai bisnis fashion hijab secara online. Hanya dalam 3 bulan bisnis ini meroket, apalagi fashion hijab juga sedang menjadi tren di Indonesia. Bahkan penghasilan mereka melebihi penghasilan para suami.

Hal ini membuat para suami merasa terancam hingga timbul konflik rumah tangga. Selain melibatkan para pemain utama, film ini juga didukung oleh para pemain Rina Hassim, Jajang C Noer, Marini Soerjosoermano, Meriem Bellina, dan Mathias Muchus. Film ini juga menampilkan lagu terbaru karya Melly Goeslaw berjudul Let It Be My Way dan lagu Satu Yang Tak Bisa Lepas karya Ahmad Dhani yang dibawakan oleh Andien.

Thomasmanggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5136 seconds (0.1#10.140)