9 Nominasi Oscar

Sabtu, 17 Januari 2015 - 13:12 WIB
9 Nominasi Oscar
9 Nominasi Oscar
A A A
Film Birdman dan The Grand by safeweb">Budapest Hotel berjaya di ajang Academy Awards ke-87. Keduanya memimpin dengan 9 nominasi, setelah aktor Chris Pane dan Presiden The Academy Cheryl Boone Isaacs ikut membacakan 24 nominasi di Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, Los Angeles, Kamis (15/1) waktu setempat.

Tidak ada yang mengejutkan dari namanama yang masuk nominasi. Untuk dua film yang mendominasi, misalnya, sudah saling bersaing dan berbagi piala di penghargaan-penghargaan sebelumnya. The Grand Budapest by safeweb">Hotel sukses di ajang British Academy Film (BAFTA ) dengan 11 nominasi dan membawa pulang piala untuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, dan aktor terbaik untuk Raplh Flenne.

Sementara, di ajang Oscar 2015, film komedi yang diarahkan dan ditulis Wes Anderson ini mendapat nominasi untuk best picture, best director, best costume design, best original screenplay, best makeup and hairstyling, best documentary, best production design, best costume design, dan best original screenplay.

Birdman, film yang mengangkat superhero, mendapat nominasi best picture bersama film The Grand by safeweb">Budapest Hotel, American Sniper, Boyhood, The Imitation Game, Selma, The Theory of Everything, dan Whiplash. Selain itu, sutradara dan pemain Birdman juga masuk nominasi. Sebut saja Michael Keaton yang masuk nominasi best actor. Dia akan bersaing dengan Steve Carell (Foxcatcher ), Bradley Cooper (American Sniper ), Benedict Cumberbatch (The Imitation Game ), dan Eddie Redmayne (The Theory of Everything ).

Edward Norton sebagai aktor pembantu di film Birdman juga masuk nominasi best supporting actor . Kategori ini juga diisi oleh bintang kenamaan lain, yakni Robert Duvall (The Judge ), Ethan Hawke (Boyhood), Mark Ruffalo (Foxcatcher ), dan J.K. Simmons (Whiplash).

Untuk pemeran wanita di film Birdman, Emma Stone yang berperan sebagai Sam, anak Riggan, sang superhero, bersaing dengan Patricia Arquette (Boyhood ), Laura Dern (Wild), Keira Knightley (The Imitation Game), Meryl Streep (Into the Woods ) untuk memperebutkan best supporting actress.

Nominasi lainnya, Birdman masuk kategori best cinematography, best sound editing, dan best original screenplay . Sementara dari daftar nominasi Oscar 2015 ini, banyak aktris ternama yang tidak masuk nominasi. Di antaranya Amy Adams yang sebelumnya sukses membawa pulang piala aktris terbaik di Golden Globes untuk film Big Eyes yang dibintanginya. Begitu juga Emily Blunt dan Jennifer Aniston atau Angelina Jolie.

Kondisi berbeda dengan para bintang muda. Mereka yang baru pertama kali mencicipi penghargaan tertinggi Hollywood ini adalah Rosamund Pike, Keira Knightley, dan Patricia Arquette. Para pemenang Academy Awards ke- 87 ini akan diumumkan di Dolby Theatre at Hollywood & Highland Centre, Los Angeles, pada 22 Februari mendatang.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7404 seconds (0.1#10.140)